Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan memberangkatkan sebanyak 320 calon jamaah haji Kloter 07 yang berasal dari Kabupaten Barito Selatan, Seruyan, Pulang Pisau dan Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah pada Senin sekitar pukul 21.20 WITA.
 
"Ada sebanyak 15 CJH Lansia yang menggunakan kursi roda pada rombongan Kloter 07 Embarkasi Banjarmasin ini," ucap Ketua Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji Embarkasi Banjarmasin, Dr H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Senin.

Baca juga: Embarkasi Banjarmasin berangkatkan 1.600 CJH
 
Menurut dia, CJH Kloter 07 masuk Asrama Haji di Kota Banjarbaru pada Kamis (19/5/2024) sekitar pukul 21.00 WITA.
 
Dikatakan dia, Kloter 07 merupakan Kloter terakhir dari Provinsi Kalteng yang berangkat dari Embarkasi Banjarmasin, Kalsel pada musim haji tahun 2024.
 
"CJH dari Provinsi Kalteng ada lima Kloter, yakni dari Kloter 03, 04, 05, 06, dan 07," ucap Tambrin.
 
Karena pada Kloter 07 ini cukup banyak CJH Lansia, ujar dia, maka pesannya kepada petugas haji agar memberikan perhatian yang khusus, sehingga mereka terlayani dengan baik saat di tanah suci.
 
Sebagaimana disampaikan dia sebelumnya, pelaksanaan haji tahun 2024 ini mengusung tema "ramah Lansia", sehingga CJH Lansia jadi fokus utama pelayanan haji.
 
Kloter 07 ini, kata Tambrin yang merupakan Kepala Kanwil Kemenag Kalsel tersebut, maka sudah sebanyak 2.240 CJH diberangkatkan dari total 5.759 CJH Embarkasi Banjarmasin 2024.

Baca juga: Kemenag Kalsel jamin jamaah haji 127 kali makan di Arab Saudi
 
Semua tergabung pada 19 Kloter, yakni, 14 Kloter dari Provinsi Kalsel dengan jumlah CJH sebanyak 4.071 orang dan lima Kloter dari Kalteng dengan jumlah CJH sebanyak 1.688 orang.
 
Tambrin pun meminta kepada seluruh CJH agar menerapkan pola hidup sehat dan istirahat yang cukup, menghindari paparan sinar matahari secara langsung dengan selalu menggunakan alat pelindung diri dan alas kaki, minum air putih tidak menunggu haus supaya tidak dehidrasi dan tidak memaksakan diri untuk melaksanakan ibadah sunah. 
 
"Siapkan diri dengan menjaga kesehatan, hindari kelelahan yang berlebih dan focus untuk beribadah pada puncak haji, yaitu wukuf di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna), karena cuaca di Arab Saudi tidak sama dengan di Indonesia," ujarnya.
 
Diinformasikan, kata Tambrin, saat ini cuaca di Madinah maupun Mekkah mencapai 40 derajat celsius," papar Kepala Kanwil Kemenag Kalsel tersebut.
 
Tambrin juga meminta meminta seluruh CJH untuk mematuhi aturan, baik dari ketua Kloter maupun dari tim kesehatan yang membersamai jamaah di Kloter.
 
"Semoga Allah selalu melindungi dan memberikan kesehatan dan menjadi haji yang mabrur," ujarnya.

Baca juga: Jamaah Kabupaten Banjar jadi Kloter pertama dari Embarkasi Banjarmasin

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024