Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan telah memberangkatkan sebanyak 1.600 calon jamaah haji (CJH) yang tergabung pada lima Kloter sejak 12-17 Mei 2024 ke Arab Saudi lewat Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Kalsel.

"Yang sudah sampai ke Madinah untuk jamaah haji Embarkasi Banjarmasin sebanyak 1.600 orang sampai saat ini," ujar Ketua Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji Embarkasi Banjarmasin Dr H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Sabtu.

Saat ini, ungkap dia, bersiap Kloter  06 dari Provinsi Kalimantan Tengah yang sudah berada di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru sejak hari ini dan diberangkatkan Minggu (19/5/2024) pada pukul 08.20 WITA.

Menurut dia, sejauh ini proses keberangkatan jamaah haji di Embarkasi Banjarmasin berjalan lancar, tidak banyak kendala yang terjadi.

"Alhamdulillah, semua berjalan lancar, CJH semua tertib dan mematuhi aturan," ucapnya.

Disampaikan dia, untuk keberangkatan haji saat ini langsung ke Bandara Internasional Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah Arab Saudi.

Keberangkatan haji di Embarkasi Banjarmasin untuk 19 Kloter dijadwalkan dari 12 Mei hingga 10 Juni 2024.

Adapun jumlah CJH yang diberangkatkan sebanyak 5.759 orang, dengan rincian, CJH Kalsel sebanyak 4.071 orang pada 14 Kloter dan Kalteng sebanyak 1.688 orang pada lima Kloter.

Tambrin pun meminta kepada seluruh CJH agar menerapkan pola hidup sehat dan istirahat yang cukup, menghindari paparan sinar matahari secara langsung dengan selalu menggunakan alat pelindung diri dan alas kaki, minum air putih tidak menunggu haus supaya tidak dehidrasi dan tidak memaksakan diri untuk melaksanakan ibadah sunah. 

"Siapkan diri dengan menjaga kesehatan, hindari kelelahan yang berlebih dan focus untuk beribadah pada puncak haji, yaitu wukuf di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna), karena cuaca di Arab Saudi tidak sama dengan di Indonesia," ujarnya.

Diinformasikan, kata Tambrin, saat ini cuaca di Madinah maupun Mekkah mencapai 40 derajat celsius," papar Kepala Kanwil Kemenag Kalsel tersebut.

Tambrin juga meminta meminta seluruh CJH untuk mematuhi aturan, baik dari ketua Kloter maupun dari tim kesehatan yang membersamai jamaah di Kloter.

"Semoga Allah selalu melindungi dan memberikan kesehatan dan menjadi haji yang mabrur," ujarnya.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024