Rumah Sakit Umum Daerah Datu Kandang Haji (RSDKH) Balangan, Kalimantan Selatan menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) guna meningkatkan pelayanan,  khususnya kepada masyarakat setempat.

“Tujuan kami menggelar kegiatan ini yaitu untuk mendapatkan masukan dari pihak-pihak maupun stakeholder terkait, untuk lebih meningkatkan pelayanan kita ke depannya,” kata Direktur RSDKH Balangan drg. Sudirman di Balangan, Rabu.

Baca juga: RSDKH Balangan klarifikasi mobil dinas yang terparkir di THM Tabalong

Menurut Sudirman melalui forum konsultasi publik ini, RSDKH Balangan juga secara langsung menunjukkan komitmen dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Direktur RSDKH menjelaskan, kegiatan forum konsultasi publik ini juga digelar sesuai dengan amanah dari KemenPAN-RB yang mana harus dilaksanakan oleh seluruh organisasi perangkat daerah.

Sudirman menuturkan forum konsultasi publik ini juga bagian dari menjaring keperluan hingga kebutuhan masyarakat serta pihak terkait untuk mensosialisasikan apa yang ada dan apa yang kurang dari RSDKH Balangan saat ini.

Selain itu juga mengurangi dan menindaklanjuti keluhan-keluhan masyarakat yang ada selama ini, agar pihaknya dapat terus berkomitmen menjaga motto rumah sakit bahwa kepuasan pasien adalah kebanggaan RSDKH Balangan.

Setelah kegiatan forum konsultasi publik ini digelar, nantinya akan disusun dalam sebuah inovasi untuk memberikan pelayanan publik kepada masyarakat.

Saat ini ujar Sudirman, selain pelayanan dasar pada RSDKH Balangan juga menyediakan pelayanan laboratorium, pelayanan radiologi, pelayanan farmasi, pelayanan bank darah rumah sakit, pelayanan patologi anatomi dan dalam waktu dekat dibuka pelayanan poli paru dan jantung.

Baca juga: Pemkab Balangan bangun 20 unit rumah dinas dokter

“Saat ini dan ke depannya kita berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya masyarakat Balangan,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Sahabat Balangan Centre (SBC) Balangan Dewi Purwanti, sangat mengapresiasi pelayanan yang dilaksanakan oleh RSDKH saat ini terlebih kepada pasien-pasien dari SBC.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada RSDKH Balangan atas pelayanannya sampai saat ini, terlebih kepada aksi-aksi dari kita (SBC Balangan),” ujar Dewi.

Dewi mengungkapkan, saat melayani pasien bawaan dari SBC bahkan sering juga pihak dari rumah sakit merogoh kocek sendiri untuk membantu pasien bawaan dari SBC.
 
RSDKH Balangan saat melaksanakan kegiatan Forum Konsultasi Publik di Aula RSDKH Balangan, Rabu (15/5/2024). ANTARA/ragil darmawan

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024