Hj Raudhatul Jannah atau Acil Odah mendaftarkan sebagai bakal calon (balon) Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk pemilihan kepala daerah atau Pilkada provinsi setempat Tahun 2024 di Partai Golkar serta Gerindra, Rabu siang.

Acil Odah orang pertama yang mendaftarkan diri sebagai balon Gubernur Kalsel pada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar provinsi setempat dan menyerahkan berkas atau mengembalikan pendaftaran tersebut dari perwakilan keluarga Muhammad Syahrizal Aufa.

Menerima berkas pendaftaran Acil Odah tersebut Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kalsel H Sahbirin Noor atau yang akrab dengan sapaan Paman Birin, didampingi Sekretaris DPD H Supian HK yang juga Ketua DPRD provinsi setempat. 

Paman Birin yang juga Gubernur Kalsel atau pembina politik di provinsi yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebar pada 13 kabupaten/kota tersebut menerima dengan baik pendaftaran Acil Odah sebagai Balon Gubernur provinsi setempat di Pilkada mendatang. 

Menurut Paman Birin, jayanya kepemimpinan seseorang tergantung pengalaman  dan Golkar sangat konsen memperhatikan kepentingan rakyat. 

"Pemimpin dari rakyat dan untuk rakyat. Golkar juga dari rakyat dan untuk rakyat," demikian Paman Birin. 

Pada kesempatan itu, Tuan Guru Wildan Saman yang mewakili perwakilan Acil Odah dalam sambutannya antara lain menyatakan, persoalan kepemimpinan perempuan bukan hal baru, tapi sudah sudah ada ribuan tahun lalu atau masa Nabi Sulaiman alaihi salam (as). 

Pada masa Nabi Sulaiman as, seekor burung Hud-Hud menginformasikan ada satu Kerajaan Saba dengan rajanya seorang perempuan bernama Siti Balkis yang memimpin cukup arif dan bijaksana, rakyatnya pun makmur sejahtera. 

Selain itu, Islam tidak membedakan kaum perempuan dan laki-laki (muslimin wa muslimat, mukminin wa mukminat) kecuali pekerjaannya, sebagaimana dalam Al Qur'an, ujar Tuan Guru Wildan Saman. 

Ia menerangkan,.alasan mendaftar pada hari Rabu, karena Allah menciptakan Rabu dengan "nur" (cahaya). 

"Jadi kami memilih pendaftaran Acil Odah pada hari Rabu dengan cahaya kebenaran dan keberhasilan menyertai bila kelak terpilih menjadi Gubernur Kalsel atau perempuan pertama yang jadi Gubernur di provinsi ini," demikian Tuan Guru Wildan. 

Informasi dari Sekretariat DPD Partai Golkar Kalsel sejak pembukaan pendaftaran Balon Gubernur/Wakil Gubernur (Wagub) Kalsel, 13 Mei lalu sampai saat ini Acil Odah orang pertama mendaftar balon Gubernur setempat. 

Sedangkan yang mendaftar balon Wagub Kalsel buat Pilkada 2024 baru dua orang, dan yang sudah menyerahkan berkas/mengembalikan formulir atas nama Akhmad Rozanie Himawan Nugraha dari Partai NasDem. 

Acil Odah atau istri Paman Birin  kini masih Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalsel dan Ketua Tim Penggerak PKK provinsi setempat. 

Sebagaimana ketentuan, sebelum atau saat mendaftar sebagai calon gubernur (Cagub) di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kalsel harus menunjukkan bukti mengundurkan diri dari Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Pendaftaran Balon Gubernur/Wagub Kalsel pada DPD Partai Golkar provinsi setempat di Banjarmasin, 13 - 18 Mei 2024.



 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024