Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) Aulia Oktafiandi berupaya meningkatkan kapasitas dan pengetahuan lembaga kemasyarakatan desa untuk Rukun Tetangga (RT) se-kabupaten melalui kegiatan pelatihan.

“Kami baru saja menggelar pelatihan yang ditujukan bagi RT yang ada di dua kecamatan. Kegiatan ini bertahap dan akan berkelanjutan,” kata dia di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Selasa.

Baca juga: Bupati HST salurkan bantuan ratusan ekor DOD itik kepada KWT Melati

Aulia menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan bagi RT merupakan inisiatif pemerintah daerah dalam rangka memberdayakan lembaga kemasyarakatan yang ada di desa.

“Tentu kami memperhatikan lembaga mana yang paling memiliki hubungan kedekatan dengan masyarakat, dalam hal ini adalah RT,” ujarnya.

Karena itu, ia menyatakan bahwa pemerintah daerah akan terus memperhatikan lembaga RT dengan berbagai upaya untuk meningkatkan kapasitas melalui kegiatan pelatihan.

Baca juga: Kabupaten HST unggulkan cabor silat dan tinju pada POPDA Kalsel 2024

Sehingga nantinya, kata dia, RT menjadi perpanjangan tangan pemerintah daerah dalam mempermudah berbagai urusan pemerintahan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Aulia menekankan bahwa pemerintah daerah siap untuk mendorong peningkatan kualitas kerja RT, baik melalui kegiatan pelatihan, pemberian penghargaan, maupun fasilitas lainnya sehingga RT diharapkan dapat bekerja dengan baik.

Pada kesempatan itu, Bupati HST bersama Tenaga Ahli Dinas PMD Kabupaten HST menjadi narasumber kegiatan pelatihan bagi RT yang berasal dari dua kecamatan, yakni Labuan Amas Utara dan Pandawan, bertempat di Kantor Kepala Desa Hilir Banua, Kecamatan Pandawan.

Baca juga: Bupati HST berikan dana Rp570 juta bagi atlet ikuti POPDA Kalsel 2024

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024