Universitas Lambung Mangkurat (ULM) bersama 13 universitas di Malaysia sepakat bekerja sama meningkatkan kualitas pendidikan di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN melalui pertukaran mahasiswa dan dosen hingga membuka kelas bersama pada prodi tertentu.

"Jadi kolaborasi ini bukan hanya sebatas Indonesia dan Malaysia namun semangatnya bisa lebih luas untuk kemajuan pendidikan di negara ASEAN," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Iwan Aflanie di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin.

Iwan mengatakan pihaknya juga merancang semacam pendidikan bersama dalam bentuk mendidik mahasiswa Malaysia dan Indonesia.

Hal itu dikarenakan hubungan ULM dan 13 kampus terkemuka di Malaysia itu sudah terjalin sangat bagus selama ini.

"Bagaimana teknisnya nanti kita bicarakan lagi, yang pasti harus ada terobosan dalam kerja sama ini sehingga lebih berdampak," jelasnya mewakili Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri.

Penandatanganan nota kesepahaman dilaksanakan saat kunjungan Atase Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia ke Rektorat ULM di Banjarmasin hari ini.

Education Attache Malaysia Indonesia Zulfadhli mengatakan ULM adalah perguruan tinggi terbaik di pulau Kalimantan sehingga menjadi pilihan tepat 13 universitas di Malaysia bekerja sama.

"Semangat kita sesama tinggal di tanah Borneo, maka Malaysia dan Indonesia yang diwakili ULM memiliki komitmen serupa ingin pendidikan di kawasan ini lebih maju di era globalisasi yang penuh tantangan," ucapnya.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024