Program studi (prodi) yang berkaitan dengan teknologi dan kesehatan paling banyak diminati oleh peserta Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tahun 2024 di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) setelah pendaftarnya tertinggi di antara 68 prodi sarjana pilihan.

"Yang teratas tinggi peminatnya Prodi Teknologi Informasi dengan 750 pendaftar atau setara 25 kali lipat daya tampung," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Iwan Aflanie di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu.

Kemudian ada Prodi Farmasi 904 pendaftar atau 22 kali lipat daya tampung, Prodi Kedokteran 1.463 pendaftar atau 20 kali lipat daya tampung, Prodi Psikologi 904 pendaftar atau 18 kali lipat daya tampung, Prodi Ilmu Komputer 604 pendaftar atau 17 kali lipat daya tampung.

Selanjutnya Prodi Kedokteran Gigi 639 pendaftar atau 14 kali lipat daya tampung, Prodi Keperawatan 590 pendaftar atau 12 kali lipat daya tampung serta Prodi Kesehatan Masyarakat 708 pendaftar atau 11 kali lipat daya tampung.

Di luar prodi terkait teknologi dan kesehatan, satu pilihan studi sarjana yang juga favorit di ULM yakni Program Studi Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan 1.250 pendaftar atau setara 10 kali lipat daya tampung.

Iwan mengakui para calon mahasiswa benar-benar melihat potensi karier yang cerah setelah lulus kuliah, sehingga pilihan ketika mendaftar di seleksi penerimaan perguruan tinggi negeri wajib selektif dan sesuai minat.

"Kami berharap dengan jurusan sesuai minat maka menjalani studi juga semangat dan bisa cepat lulus," ucapnya.

Diketahui 9.484 orang berebut masuk  ULM lewat jalur SNBT tahun 2024 yang menggunakan mekanisme ujian tulis berbasis komputer (UTBK) pada dua gelombang seleksi dan diumumkan hasilnya 13 Juni 2024 mendatang. 

Berdasarkan aturan, SNBT menerima calon mahasiswa baru minimal 40 persen dari daya tampung setiap PTN.

Adapun total daya tampung ULM 7.213 orang tahun ini, artinya ada sekitar 3.513 orang diterima jalur SNBT.

Sebelumnya ULM sebagai kampus terbaik dan terbesar di pulau Kalimantan dengan akreditasi A telah menerima calon mahasiswa dari jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) sebanyak 1.820 orang dengan aturan minimal 20 persen dari daya tampung.

Jika peserta SNBT gagal diterima, maka ULM masih memberikan kesempatan di jalur seleksi mandiri dengan kursi tersedia maksimal 30 persen dari total daya tampung atau sekitar 1.880 orang.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024