Wakil presiden Repoblik Indonesia (Wapres) Mak'ruf Amin menganugerahi penghargaan kategori emas kepada PT Pelsar Tambang Kencana (PTK) pada ajang Corporate Social Responsibility (CSR) Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Award Tahun 2024, yang digelar Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Management PT Pelsart melalui Manajer CSR Septamto L. Inkiriwang dalam keterangannya di Kotobaru Ahad menyatakan, Program yang diikutsertakan oleh PT Pelsart adalah pemanfaatan air yang bersumber dari bebatuan (Guntung) sebagai upaya pemenuhan air bersih desa.

"Penghargaan diberikan karena perusahaan dinilai berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program berkelanjutan," kata Septamto

Ia menambahkan, bahwa program air bersih ini sebagai bagian dari sumbangsih dan kontribusi perusahaan dalam membantu memenuhi kebutuhan air bersih.

"Program ini diharapkan akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar perusahaan," ujarnya

Pihaknya juga mengakui akan selalu berkomitmen sebagai bagian dari program Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat (PPM) yang diamanatkan oleh Kepmen ESDM Nomor 1824 tahun 2018, maka Pelsart menginisiasi program air bersih untuk memenuhi kebutuhan mendesak dari masyarakat lingkar tambang.

"Sebuah kehormatan bagi Management PT. Pelsart Tambang Kencana (Pelsart) menerima anugerah kategori emas Penghargaan CSR dan PDB Award Tahun 2024 diserahkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Jakarta, Rabu (8/5/2024),"tuturnya

Lebih lanjut, Septanto menjelaskan, program air bersih ini menyasar kepada pemenuhan air bersih melalui sumur pemboran, yaitu pemanfaatan air tanah dalam (60-120 m di bawah permukaan) yang kualitas dan kuantitasnya lebih terjamin keberlanjutannya.

Penerima manfaat program ini adalah sebanyak 120  dan beberapa fasilitas umum seperti sekolah, kantor Polsek, Puskesmas, pasar induk dan mesjid di desa Lingkar Tambang.
Managemen PT Pelsart menerima anugerah kategori emas Penghargaan CSR dan PDB Award Tahun 2024 (ANTARA-HO/humas PT Pelsart)

 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024