Tanjung (Antaranews Kalsel) - Camat Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan Arbuansyah mengatakan tiga pasar di wilayah ini yakni pasar Jangkung, Pasar Wayau dan Pemarangan Kiwa akan dikembangkan guna memajukan ekonomi lokal.


"Pemerintah kabupaten melalui Dinas Tata Kota Kebersihan dan Pengelolaan Pasar sudah mengalokasikan dana Rp3 miliar untuk pembangunan tiga pasar tersebut," jelas Arbuansyah di Tanjung, Selasa.

Hal tersebut disampaikan Arbuansyah dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Tanjung yang dihadiri seluruh kepala desa dan satuan kerja terkait lainnya.

Selain pembangunan dan pengembangan tiga pasar tradisional tersebut juga dialokasikan dana untuk pembuatan tempat parkir puskesmas Hikun dan sarana prasarana pengolahan sampah terpadu di Desa Mahe Seberang.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani saat membuka Musrenbang tingkat kecamatan Tanjung mengatakan untuk pengembangan pasar tradisional tersebut tentunya harus merelokasi warga sekitar.

"Rencananya Pasar Jangkung akan kita jadikan pasar harian dengan memprioritaskan pedagang lokal karena itu warga sekitar pasar akan kita relokasi untuk memudahkan penataannya," jelas Anang.

Anang juga berpesan agar dalam penyusunan perencanaan pembangunan 2018 mengacu pada skala prioritas mengingat adanya rasionalisasi dan efisiensi anggaran.

Selain itu perlu menumbuhkan rasa optimis untuk memajukan Kabupaten Tabalong dan melalui Musrebang ini diharapkan bisa memadukan perencanaan desa dan kabupaten.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016