Kerukunan Bubuhan Banjar Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (KBB Jabodetabek) merencanakan penyediaan lahan kuburan (Alkah) yang diperuntukkan bagi "Bubuhan" atau warga Banjar yang ada di wilayah tersebut.

Ketua Pengurus Wilayah KBB se-Jabodetabek Dr. A.M. Fachir menyampaikan itu saat halal bi halal Bubuhan Banjar di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Sabtu.

Baca juga: PW KBB Kaltim potensial bangun jaringan usahawan dan ekonomi Banjar

Fachir menyebutkan rencana penyediaan alkah bagi Bubuhan Banjar di Jabodetabek itu telah memperoleh dukungan dari Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin yang menyatakan kesediaan memberikan bantuan sejumlah dana.

Mantan Wakil Menteri Luar Negeri RI itu memaparkan selama ini Warga Banjar kesulitan mencari lahan pemakaman jika ada keluarga yang meninggal dunia di wilayah Jabodetabek.

Fachir mengungkapkan salah satu rencana program strategis menyediakan alkah seluas satu hektare yang menampung 3.000 kuburan di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Mantan Duta Besar Malaysia dan Mesir untuk Indonesia tersebut mengharapkan rencana penyediaan lahan pemakaman itu memperoleh dukungan dari semua pihak agar terwujud.

Baca juga: Muhammad Ary Achdyani nilai perlunya jaringan usahawan orang Banjar

Diketahui, Bubuhan Banjar se-Jabodetabek menggelar halal bi halal yang dihadiri sekitar 2.000 orang dari berbagai kalangan dan profesi, seperti birokrat, usahawan, budayawan, dan cendekiawan.

Selain itu, beberapa Ketua Pengurus Wilayah KBB turut hadir dari Jatim, Kalteng, Jambi, "Kulaan" Banjar Malaysia Prof. Tan Sri Noordin Kardi dan H. Amini bin Hj. Sabri.

Panitia acara juga menyediakan gerai usaha mikro kecil menengah (UMKM) kuliner dan kerajinan rakyat khas Banjar.

Wakil Ketua IV Pengurus Pusat KBB Muhammad Ary mengapresiasi kerja panitia yang terdiri anak muda Banjar di Jakarta yang menyediakan aplikasi pendaftaran peserta secara daring dan pendataan warga Banjar di Jakarta untuk promosi.

Ary menyatakan kegiatan tersebut sebagai langkah awal untuk membangun jaringan wirausaha agar keberadaan KBB memberi manfaat secara ekonomi.

Baca juga: Anggota DPRD Kalsel apresiasi KBB Langkat Sumut

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024