Pengurus Pusat Kerukunan Bubuhan Banjar (PP KBB) berpendapat, Pengurus Wilayah atau PW KBB Kalimantan Timur (Kaltim) potensial membangun jaringan usahawan dan ekonomi Banjar.

Wakil Ketua IV Bidang Kerja Sama dan Silaturahmi PP KBB Muhammad Ary Achdyani yang juga mantan Kepala Biro pada Unversitas Lambung Mangkurat (ULM d/h Unlam) Banjarmasin mengemukakan pendapat itu di Banjarmasin, Senin.

Selain itu, Pengurus Daerah Khusus (PDK) KBB Balikpapan Kaltim layak menjadi "pilot project" dalam hal membangun jaringan usahawan dan ekonomi Banjar.

Karena, menurut Ary, PDK KBB Balikpapan berada di Ibu Kota Negara (IKN) baru dan Ketuanta usahawan sukses, lagi visioner (berpandangan jauh ke depan).

"Pengurusnya antusias handak 'umpat' (ikut). Biaya relatif murah karena ada 'direct flight" (penerbangan langsung) seperti dengan Malaysia," tutur Ary Achdyani.

Sebelumnya pendapat Ary tersebut dia sampaikan saat sebagai pembicara pada Rapat Kerja (Raket) Pertama KBB Sa-Dunia Tahun 2024  di Mahligai Pancasila Banjarmasin, 14 April lalu.

Dengan nada bertanya Ary mengatakan;, "Kaya (seperti);apa mamulai? Segera setelah kita bersepakat tentang perlunya jaringan ini.

Siapa 'nang mahuluakan' (yang memberi contoh)?

Menurut dia, PP KBB bersama PW dan PDK membuat program kerja. "Dalam kunjungan ke Malaysia dan Singapore nanti bisa dikemas menjadi ajang silaturrahim 'baimbai batiti kulaan' (sama-sama meniti mencari keluarga)," kata Ary.

"Kemudian PW KBB lain juga sangat kita harapkan memulai membangun jaringan ini dengan melakukan pendataan budayawan, cendekiawan, dan usahawan Banjar di wlayahnya masing-masing," demikian M Ary Achdyani.

Pada Raker Pertama KBB Sa-Dunia hadir pula perwakilan KBB dari Malaysia dan Brunei Darussalam, serta PW KBB provinsi lain antara lain dari Jawa Timur (Jatim) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kaltim, Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Provinsi Riau.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024