Banjarbaru, (AntaranewsKalsel) - Program rehabilitasi jalan lingkungan sepanjang 70,38 kilometer yang ditargetkan Dinas Pekerjaan Umum Banjarbaru, Kalimantan Selatan, tuntas dikerjakan bulan Oktober sebelum batas waktu Desember 2016.


"Jalan lingkungan sepanjang 70,38 kilometer yang direncanakan berhasil direhabilitasi seluruhnya akhir Oktober," ujar Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PU Banjarbaru Muriani, Minggu.

Ia mengatakan, jalan lingkungan puluhan kilometer yang menjadi program Bidang Cipta Karya sepanjang 2016 itu tersebar di berbagai permukiman dan komplek perumahan di Kota Banjarbaru.

Disebutkan, program rehabilitasi jalan lingkungan yang dikerjakan itu terbagi dalam 14 paket kegiatan dengan pagu anggaran keseluruhan yang berasal dari dana APBD sebesar Rp46,3 miliar.

"Seluruh pekerjaan rehabilitasi jalan lingkungan berupa pengaspalan jalan dilaksanakan menggunakan peralatan khusus dan seluruhnya sudah selesai dikerjakan," ungkapnya.

Menurut dia, pihaknya mendapat dana tambahan melalui APBD perubahan 2016 sebesar Rp4,5 miliar yang dibagi menjadi tiga paket pekerjaan dan harus selesai dikerjakan akhir 2016.

"Tiga proyek APBD perubahan baru dilelang pertengahan Oktober dan jika selesai maka langsung dikerjakan karena batas waktu pengerjaan hanya sampai akhir Desember 2016," ucapnya.

Dikatakan, pihaknya optimistis meski pekerjaan tiga proyek APBD perubahan cukup sempit waktunya, tetapi pekerjaan peningkatan dan perbaikan jalan itu bisa diselesaikan sebelum akhir tahun.

"Pengerjaan peningkatan badan jalan dan pengaspalan menggunakan alat khusus sehingga kami optimistis tiga proyek tambahan itu bisa diselesaikan sebelum akhir tahun," ujarnya.

Ditambahkan, program rehabilitasi jalan lingkungan adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan Bidang Cipta Karya dalam rangka pembenahan infrastruktur jalan di kawasan permukiman.

"Kami berupaya menyiapkan sarana prasarana dan infrastruktur jalan semakin baik dan meningkat sehingga memberi kemudahan bagi masyarakat menjalani aktivitasnya," kata dia.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016