Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar mengatakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXXV tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang digelar di Kabupaten Tapin mampu mencetak delegasi andal untuk mengikuti ajang tingkat nasional yang diselenggarakan di Ibukota Negara Nusantara pada 2024.

"Kemarin pada ajang MTQ Nasional di Kalimantan Selatan kita peringkat tiga, minimal bisa kita pertahankan," ungkap Sekretaris Daerah Kalimantan Selatan ini usai rapat kerja daerah (Rakerda) MTQ Nasional di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis.

Baca juga: Pj Bupati Tapin ingin MTQ berdampak terhadap ekonomi masyarakat
 

Roy mengatakan untuk mencetak delegasi yang bisa mengharumkan nama Kalimantan Selatan ini perlu kolaborasi apik antara semua pihak di kabupaten kota.

"Perlu juga pihak-pihak lain seperti perusahaan dan sebagainya untuk mendukung pelaksanaan MTQ baik itu pelatihan, training camp, atau mengundang pelatih nasional sehingga agar target kita pada tingkat nasional itu dapat dipenuhi," ungkapnya.

Selebihnya Roy mengharapkan agar pelaksanaan MTQ Nasional tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang diselenggarakan di Kabupaten Tapin pada 27 April - 2 Mei 2024 nanti dapat berjalan lancar.

Sementara itu untuk persiapan MTQ Nasional tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Tapin saat ini sedang dalam proses persiapan.

Baca juga: Kabupaten Tapin siap jadi tuan rumah MTQN tingkat Kalsel
 

Penjabat Bupati Tapin Syarifuddin mengatakan persiapan tuan rumah saat ini sudah mendekati 100 persen dan dipastikan tak ada kendala yang berarti.

"Persiapan ini sudah sampai 100 persen mudah-mudahan dapat berjalan lancar," ungkapnya.

Syarifuddin mengungkapkan total peserta dari kafilah 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan tercatat ada sebanyak 1.560 orang dan dewan hakim sebanyak 140 orang.

Baca juga: Pemprov Kalsel resmikan persiapan MTQ di Kabupaten Tapin

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024