Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan meluncurkan (launching) persiapan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-35 tingkat provinsi setempat yang akan berlangsung di Kabupaten Tapin pada 24 April-2 Mei 2024.
 
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor diwakili Pelaksana Tugas Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Kalsel Ahmad Solhan di Banjarbaru, Rabu, meluncurkan persiapan MTQ Nasional ke-35 tingkat provinsi tersebut.

Baca juga: Santriwati asal Martapura juara III MTQ internasional di Iran
 
Menurut dia, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menginstruksikan agar persiapan MTQ Nasional tingkat provinsi dilakukan secara maksimal, hingga bisa terselenggara dengan baik dan lancar.
 
"Semoga momentum launching ini dapat menjadi motivasi dan semangat lebih bagi Kabupaten Tapin untuk terus bekerja, mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya," kata dia.
 
Menurut Solhan, MTQ ini harus terencana dengan baik dari pembukaan, pelaksanaan, hingga penutupan nanti bagi kafilah dari 13 kabupaten/kota yang akan mengikuti.
 
Menurut dia, Gubernur Kalsel menyatakan rasa syukur pelaksanaan MTQ Nasional tingkat provinsi ini dapat secara rutin diselenggarakan.
 
“Bahkan di tahun 2022 lalu kita sukses menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke-29. Dan itu menjadi sejarah bagi provinsi kita, karena setelah sekian lama, sekitar setengah abad kita kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah MTQ tingkat nasional," ungkapnya.

Baca juga: Bupati Banjar berharap Nuriah harumkan Indonesia pada MTQ Internasional
 
Dia pun merasakan gelaran MTQ ini memiliki ikatan yang erat dengan banua Kalimantan Selatan.
 
"Terlebih, gelaran MTQ ini selaras dengan suasana banua kita, yang dikenal sebagai banua yang religius, banua yang banyak lahir para alim ulama. Selain itu, gelaran MTQ nasional tingkat provinsi ini juga sangat dicintai masyarakat, sehingga gelaran MTQ ini juga dapat kita jadikan sebagai salah satu wahana, untuk menunjukkan daya saing daerah," jelasnya.
 
Pejabat Bupati Tapin Syarifuddin dalam pernyataan resminya menyampaikan bahwa gelar launching MTQ Nasional ke-35 tingkat provinsi ini salah satu bentuk publikasi bahwa daerahnya sudah siap menjadi tuan rumah.
 
"Alhamdulillah, persiapan MTQ Nasional ke-35 tingkat Provinsi Kalsel di Tapin sudah berjalan aman, lancar dan sukses. Kami mendapat dukungan dari semua pihak, baik pemerintah daerah, masyarakat, maupun para kafilah," ujar Syarifuddin.
 
Dia menyampaikan MTQ Nasional ke-35 tingkat provinsi tahun 2024 ini dipertandingkan 11 cabang.
 
Dia optimistis gelar ini sukses karena Kabupaten Tapin tercatat telah tiga kali menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ tingkat provinsi.

Baca juga: Pj Bupati Tapin ingin MTQ berdampak terhadap ekonomi masyarakat

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024