Situasi arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah menuju daerah Hulu Sungai atau "Banua Anam" Kalimantan Selatan (Kalsel) terlihat lengang pada H-2 dan H-1 atau Senin-Selasa (8-9 April 2024).

Pewarta ANTARA Kalsel dari Banjarmasin menuju Banua Anam, Selasa, melaporkan arus lalu lintas mudik pada H-1 dan H-2 tidak sepadat pada H-3 maupun H-4 atau Sabtu-Minggu (6-7 April 2024).

Baca juga: ARUS MUDIK - DAMRI akhiri layanan angkutan pada H-1 Lebaran

Karena kondisi jalan lengang, kendaraan pribadi dari Banjarmasin menuju Barabai (berjarak 164 km) Ibu Kota Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) memakan waktu sekitar tiga jam.

Jalan utama dari Banjarmasin-Barabai melintasi jalur Banjarmasin-Martapura (Ibu Kota Kabupaten Banjar)-Rantau Tapin-Kandangan (Ibu Kota Kabupaten Hulu Sungai Selatan atau HSS)-Barabai.

Baca juga: ARUS MUDIK - Jumlah kendaraan pemudik meningkat pada H-2 lebaran di Balangan

Sedangkan, jalan alternatif Banjarmasin-Sungai Gampa Kabupaten Barito Kuala (Batola)-Margasari Tapin-Kelumpang HSS menuju Banua Anam cukup rusak dan minim lampu penerangan.

Lengang arus mudik pada H-1 dan H-2 karena masyarakat lebih memilih pulang kampung pada H-4 dan H-3 seiring cuti bersama terhitung mulai 8-15 April 2024.  

Sementara, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK mengingatkan pemudik agar berhati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas guna keselamatan selama perjalanan.

Baca juga: ARUS MUDIK - DAMRI tambah armada layani pemudik lewat wilayah timur Kalsel

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024