Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Noor menekankan penting keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik pada program mudik gratis.

"Kami mengapresiasi kerja keras dari semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan program mudik gratis Pemkab HSS melalui program Bus Gasan Mudik Gratis (Bus Gadis)," kata Noor di Kandangan, Minggu.

Dijelaskan dia, ini merupakan program Penjabat Bupati HSS Hermansyah melalui Dinas Perhubungan (Dishub) HSS agar membuka layanan pengantar gratis bagi masyarakat yang ingin mudik.

Baca juga: Pelayanan "Bus Gadis" Dishub HSS fasilitasi angkutan mudik dan balik warga gratis

Noor bersyukur program mudi gratis terlaksana dengan baik dan lancar, serta diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan layanan mudik tanpa biaya.

"Insya Allah untuk kepulangan akan dijemput lagi sesuai hari yang sudah ditentukan, kita juga berterima kasih kepada jajaran Dishub, Polres HSS dan Jasa Raharja yang telah mendukung program ini," ucapnya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan HSS Hendro Martono menuturkan program Bus Gadis untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan.

Baca juga: Dishub HSS pasang "road barrel" cegah parkir liar dan kemacetan

Selain itu, Pemkab HSS menjamin keamanan bagi para penumpang selama perjalanan mudik dengan fasilitas moda transportasi bus untuk mengurangi kemacetan lalu lintas.

"Dishub mengerahkan tiga buah armada bus dengan kapasitas 140 penumpang, dibagi dua kloter pemberangkatan, pertama pada Ahad (7/4) dan untuk kloter kedua akan diberangkatkan pada Selasa," ujarnya.

Menurut dia, Bus Gadis akan melayani beberapa rute keberangkatan untuk Kandangan-Rantau-Martapura-Banjabaru-Banjarmasin.

Baca juga: Kalsel kemarin, mulai Pemkot Banjarbaru buka mal pelayanan publik hingga Pemprov ambil alih pengelolaan bus BTS

Kemudian, Kandangan-Rantau-Martapura-Banjarmasin-Pelaihari, selanjutnya Kandangan-Kalumpang-Margasari-Batola-Banjarmasin.

"Sebelum diberangkatkan para pemudik kita juga diberikan layanan di pos pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis oleh Jasa Raharja Kabupaten HSS," terangnya.

Turut hadir pada pelepasan mudik gratis tersebut, antara lain Kapolres HSS, Kepala Jasa Raharja HSS, Komandan Sub Denpom Kandangan, Kasatlantas Polres HSS dan jajaran Dishub HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024