Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perhubungan (Dishub)  setempat memberikan pelayanan angkutan lebaran  melalui  bus mudik gratis (Bus Gadis)  khusus melayani pemudik dan balik dari HSS.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub HSS Hendro Martono, di Kandangan, Senin, mengatakan  pelayanan mudik gratis bakal dilaksanakan untuk dua kali pemberangkatan, dan dua kali penjemputan.
 
Baca juga: 57 angkutan gratis disediakan Pemprov Kalsel bagi pemudik Lebaran 2024

"Rute pelayanan kita layani dalam bus gadis ini untuk Kandangan-Pelaihari dan Kandangan-Banjarmasin," katanya dalam keterangan.

Dijelaskan Hendro, untuk jadwal pemberangkatan mulai Ahad (7/4), berangkat pukul 09.00 wita, jadi trip pertama yang akan dilepas Pj Bupati HSS Hermansyah, dan trip kedua pada Selasa (9/4) pukul 09.00 Wita.

Titik kumpul bagi warga pemudik berada di depan Gedung MTQ atau sekitar Lapangan Lambung Mangkurat, alun-alun Kota Kandangan.

Baca juga: Dishub HSS pasang "road barrel" cegah parkir liar dan kemacetan

Layanan arus balik dilaksanakan 13 April dan 15 April 2024 pukul 14.00 Wita, titik kumpul di Kayu Tangi bagi pemudik dari Banjarmasin, dan depan terminal kota Pelaihari untuk pemudik dari Pelaihari.

"Untuk layanan ini kita dari Dishub HSS menyediakan dua bus besar dan satu bus kecil,  bus besar dioperasikan untuk rute Kandangan-Banjarmasin, dengan posisi berhenti di Kayu Tangi," terangnya.

Sementara bus besar kedua melayani rute Kandangan-Pelaihari, berhenti di Terminal Kota Pelaihari. Sedangkan bus kecil melayani Kandangan-Banjarmasin, melewati jalur Kalumpang-Margasari.

Dalam pelayanan mudik dan arus balik tersebut, kouta penumpang pemudik HSS terbatas hanya untuk 140 orang, dan layanan ini terbuka untuk masyarakat umum.

"Jika kouta sudah terpenuhi pendaftaran maka akan kita tutup, pendaftaran bisa lewat kontak person petugas kita di nomor 085251620417 (Saleh), 082154006597 (hendera) dan 085250082719 (Rahman)," ucapnya.

Menurut Hendro, sejak dibuka layanan Bus Gadis tersebut dibuka, sejak dari Rabu (27/3) kemarin sudah ada 30 orang mendaftar, pendaftaran ditutup jika kouta 140 orang sudah terpenuhi.

Dan terkait dipilihnya rute ke Banjarmasin dan Pelaihari, berdasarkan survei yang dilakukan pihaknya dengan mempertimbangkan banyak warga yang membutuhkan angkutan ke kota dan kabupaten tersebut.

Baca juga: Dishub HSS tertibkan truk angkutan salahi aturan masuk ke Kandangan

“Fasilitas bus yang kita sediakan ini dengan memanfaatkan bus sekolah, karena saat jadwal tersebut sekolah sudah libur,” ungkapnya.

Melalui program Bus Gadis, pihaknya ingin membantu masyarakat yang membutuhkan sarana angkutan baik untuk mudik atau pun balik, serta dapat berkumpul bersama keluarga.

Selain itu, mengurangi kepadatan arus mudik di jalan raya menjelang lebaran maupun saat arus balik, yang membuat pengguna jalan meningkat.

“Kami mengimbau masyarakat kita agar bisa memanfaatkan fasilitas transportasi gratis ini, sarana angkutan aman dan nyaman, untuk bisa berkumpul bersama keluarga," ajaknya.

Ditambahkan dia, dengan angkutan gratis tersebut akan lebih aman daripada naik roda dua, serta mengurangi risiko dalam perjalanan seperti kelelahan dan hujan yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024