Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan mengangkut sebanyak 11.744 pemudik di H-5 Lebaran pada tujuh rute yang tersedia dari atau menuju Banjarmasin.

"Ada kenaikan 36 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," kata Iwan Risdianto selaku Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru, Sabtu.

Baca juga: Bandara Syamsudin Noor inspeksi keselamatan angkutan lebaran

Adapun pergerakan pesawat berjumlah 99 penerbangan atau naik 24 persen dari Posko Lebaran tahun lalu.

Kenaikan juga terjadi pada kargo dengan muatan barang sebanyak 131.517 kilogram atau naik 56 persen dari 2023.

Iwan menyebut pertumbuhan positif itu menjadi kabar gembira bagi aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Syamsudin Noor pada momen mudik Lebaran tahun ini yang menyediakan rute ke Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bali, Makasar dan Balikpapan.

Baca juga: ARUS MUDIK - 4.824 pemudik kembali ke Kalsel via Bandara Syamsudin Noor

Menghadapi momentum mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah Angkasa Pura I menggelar Posko Angkutan Udara Lebaran di Selasar Exhibition Hall Terminal Kedatangan Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Posko digelar selama 16 hari terhitung mulai 3 sampai 18 April 2024 dengan kolaborasi dari TNI, Polri, Basarnas, Airlines, Perum LPPNPI (Airnav), BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin, dan komunitas bandara lainnya.

Pihak bandara dengan seluruh unsur terkait telah mengantisipasi adanya peningkatan jumlah aktivitas di bandara maupun kondisi abnormal yang mungkin terjadi selama arus mudik kali ini.

Baca juga: ARUS MUDIK - Keberangkatan masih mendominasi Bandara Syamsudin Noor saat Lebaran

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024