Sebanyak 4.824 pemudik hari ini kembali ke Kalimantan Selatan (Kalsel) via Bandara Internasional Syamsudin Noor di Kota Banjarbaru yang mulai terjadi arus balik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Arus balik hari ini dilayani 35 penerbangan berasal dari sembilan kota menuju Bandara Syamsudin Noor," kata Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Ahmad Zulfian Noor di Banjarbaru, Selasa.

Adapun untuk keberangkatan sepanjang hari ini mengangkut 4.264 penumpang dari 36 penerbangan.

Zulfian menyebut sejak H-8 pada 14 April hingga hari H+1 Lebaran 24 April 2023, baru hari ini jumlah penumpang yang datang lebih banyak daripada yang berangkat.

Hal itu menandakan arus balik telah dimulai di Bandara Syamsudin Noor seiring berakhirnya masa libur nasional dan cuti bersama Lebaran.

Manajemen Angkasa Pura I mencatat pada masa arus mudik tahun ini terhitung sejak 14 hingga 24 April 2023 total penumpang berangkat dari Bandara Syamsudin Noor sebanyak 58.582 orang dari 411 penerbangan.

Sementara penumpang yang datang sebanyak 32.140 penumpang dari 413 penerbangan.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus balik yang diprediksi terjadi pada sepanjang pekan ini, manajemen Bandara Syamsudin Noor telah menyiapkan penerbangan ekstra jika diperlukan.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023