Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Kalimantan Selatan (KPID Kalsel) menggelar kompetisi Anugerah Siar Ramadhan (ASR) 2024 bagi lembaga penyiaran di daerah untuk diikutkan pada lomba ASR tingkat nasional yang digelar KPI pusat.

Komisioner KPID Kalsel Daddy Fahmanadie di Banjarbaru, Kamis, mengatakan lomba ASR 2024 sebagai bentuk apresiasi kepada lembaga penyiaran radio dan televisi karena turut berperan menyajikan program Ramadhan yang berkualitas.

Baca juga: KPID Kalsel diharapkan lebih maksimal laksanakan pengawasan siaran

“Lembaga penyiaran memiliki batas waktu hingga 20 April untuk menyampaikan kepada KPID Kalsel terkait program yang diikutkan pada ASR 2024,” ujar Daddy selaku Ketua Panitia ASR Kalsel 2024.

Daddy menyebutkan setelah tahap registrasi, tahapan penilaian dilaksanakan pada 4 Mei mendatang, dan mengangkat tema “Siaran Menyejukkan dan Merekatkan Persatuan Bangsa”.

“Kami memberikan penilaian yang berkaitan dengan unsur religi dan tentunya ada juga muatan pendidikan yang ditujukan kepada masyarakat,” ujar dia pula.

Selain itu, kriteria selanjutnya adalah mematuhi pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran (P3SPS), tidak pernah mendapatkan teguran pelanggaran dari KPI, serta tayangan religi mengandung kesejukan pascapemilu.

Baca juga: KPID Kalsel gandeng ULM guna tingkatkan kinerja

Kemudian unsur kreativitas yang melibatkan masyarakat dalam proses pembuatan siaran juga menjadi nilai tambah.

Daddy berharap melalui ASR 2024, program siaran di Kalsel semakin berkualitas. Karenanya, KPID Kalsel memberikan apresiasi kepada lembaga penyiaran, apalagi sempat vakum dalam beberapa waktu sehingga cukup lama tidak memberikan penghargaan kepada lembaga penyiaran di daerahnya.

“Kami berharap program ASR 2024 dapat memberikan semangat bagi insan penyiaran dalam rangka menghasilkan program siaran yang berkualitas,” ujarnya lagi.

Baca juga: Bawaslu Kalsel gandeng KPID awasi kampanye pada media penyiaran

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024