Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menghibahkan dana sebesar Rp29,8 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk mendukung penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) HST Mardiyono di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Minggu, mengatakan sebanyak 40 persen sudah dicairkan pada 2023, sedangkan sisa 60 persen masih tahap pencairan.

Baca juga: Pemkab HST upayakan "SITI HAWA LARI" entaskan kemiskinan ekstrem

“Secepatnya dicairkan dan disampaikan ke KPU, kami upayakan semua lancar agar penyelenggaraan Pilkada 2024 berjalan dengan sukses,” ujarnya.

Selain dukungan dana hibah, kata dia, pemerintah daerah juga menggalakkan pendidikan politik untuk mendorong jumlah partisipasi pemilu pada pesta demokrasi.

“KPU menyiapkan tahapan penyelenggaraan, sedangkan kami pemerintah daerah memberikan dukungan, misalnya mengedukasi masyarakat supaya Pilkada 2024 juga sukses setelah tahapan Pemilu 2024,” ujar dia pula.

Mardiyono memastikan pemerintah daerah berkomitmen memberikan dukungan penuh kepada KPU, karena tahapan Pilkada merupakan tanggung jawab semua pihak meskipun KPU berperan selama penyelenggara.

Sementara itu, Kadiv Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin) KPU HST Murjani mengatakan tahapan Pilkada 2024 sudah mulai berlangsung, pada minggu ketiga dan keempat April 2024 KPU akan menerima data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4).

Baca juga: Pemkab HST uji coba padi apung perdana hadapi ketidakpastian cuaca

Murjani menuturkan pada awal April 2024, Ketua KPU HST beserta sekretaris akan mengikuti rapat koordinasi nasional di Yogyakarta terkait kesiapan Pilkada 2024.

Dia mengatakan pihak KPU telah menerima dana hibah sebesar 40 persen pada 2023, lalu sisanya diterima pada saat pelaksanaan, sesuai aturan diberikan dalam dua tahapan.

Ia menilai pemerintah daerah setempat sangat mendukung penuh agar proses Pilkada 2024 terselenggara dengan sukses.

Bahkan jika dibandingkan dengan dukungan dana hibah antara 2019 dan 2024, kata dia, tahun ini mengalami peningkatan, artinya dukungan penuh diberikan oleh pemerintah daerah setempat.

“Kita berharap tahapan pilkada berjalan dengan sukses seperti halnya pemilu. Meskipun tahapan pemilu belum tuntas 100 persen, tetapi dari gambaran semua berjalan dengan baik,” ujar Murjani.

Baca juga: Pemkab HST optimalkan penyuluh swadaya desa ciptakan petani mandiri

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024