Pengelola Bandara Bersujud Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan menyatakan jumlah penumpang pesawat terbang rute Bandara Bersujud Batulicin-Bandara Internasional Syamsudi Noor Banjarbaru relatif normal atau tidak ada lonjakan secara signifikan pada awal Ramadhan 1445 Hijriah hingga saat ini.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPTD Bandara Bersujud Kabupaten Tanah Bumbu Surya, di Batulicin,, Jumat, mengatakan rata-rata jumlah penumpang rute Batulicin-Banjarbaru mencapai 70 orang untuk sekali keberangkatan.

Baca juga: ARUS MUDIK - Kuota penerbangan pesawat di Bandara Bersujud masih tersedia

"Sama halnya dengan jumlah penumpang dari Banjarbaru-Batulicin juga relatif norma atau tidak ada lonjakan penumpang," kata Surya.

Dia mengatakan hanya maskapai Wings Air yang melayani penerbangan dengan rute Batulicin-Banjarbaru pergi-pulang (PP) dengan jadwal setiap Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu dan Minggu.

Sedangkan rute penerbangan Batulicin-Makassar, pihak perusahaan telah menutup penerbangan sejak 23 Maret 2024.

"Kami tidak mengetahui secara pasti apa pertimbangan pihak perusahaan hingga menutup penerbangan pesawat pada rute Batulicin-Makassar, namun kami menyayangkan hal itu terjadi," terang Surya.

Baca juga: ARUS MUDIK - Bandara Bersujud layani lima kali penerbangan sepekan

Menurut Surya, animo masyarakat yang hendak bepergian ke Makassar menggunakan transportasi jalur udara terlihat cukup tinggi. 

Namun, perusahaan maskapai menutup rute Batulicin-Makassar pada momen tersebut.

"Kami hanya bisa berharap pihak maskapai dapat mempertimbangkan hal itu kembali untuk membuka penerbangan tujuan Batulicin-Makassar," pinta Surya.

Sementara itu, Manajer PT Wings Air Batulicin Yoko menuturkan penutupan penerbangan pesawat jenis ATR tujuan Batulicin-Makassar karena pesawat yang selama ini melayani penerbangan pada rute tersebut sedang menjalani perbaikan berkala.

"Banyak pesawat milik Wings Air menjalani perawatan atau perbaikan berkala. Sehingga kami harus menutup sementara penerbangan Batulicin-Makassar," ungkap Surya.

Baca juga: ARUS MUDIK - Penumpang pesawat di Bandara Tanah Bumbu meningkat 67 persen

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024