Satu pekan terahir jumlah penumpang pesawat di Bandara Bersujud Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, meningkat hingga 67 persen dibandingkan pada pekan sebelumnya.

"Rata-rata jumlah penumpang pesawat tujuan Makassar-Batulicin, Batulicin-Banjarmasin, Banjarmasin-Batulicin, Batulicin Makassar mencapai 375 orang/pekan," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Bandara Bersujud Batulicin Sri Wahyuni di Batulicin, Sabtu.

Sri Wahyuni mengatakan, penumpang pesawat tujuan tersebut dilayani oleh pesawat Wings Air sebanyak lima kali penerbangan dalam satu pekan.

Jumlah rata-rata penumpang dalam kondisi normal kisaran 225 orang/pekan, namun saat ini mengalami peningkatan hingga mencapai 63 persen atau 375 orang.

Sementara itu Kasubag Tata Usaha UPTD Bandara Bersujud Batulicin Surya menambahkan, arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah akan terjadi peningkatan dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Meningkatnya animo masyarakat untuk mudik lebaran mengingat beberapa tahun sebelumnya pemerintah memberlakukan PPKM akibat pandemi COVID-19, sehingga masyarakat banyak yang tidak mudik lebaran.

"Alhamdulillah semenjak melandainya kasus COVID-19 dan dicabutnya peraturan PPKM oleh pemerintah, penerbangan pesawat di Bandara Bersujud kembali normal, bahkan saat ini jumlah penumpang mulai meningkat," katanya.

Penerbangan pesawat di Bandara Bersujud Batulicin saat ini hanya dilayani satu maskapai untuk rute penerbangan Makassar-Batulicin pukul 10.10 wita, Batulicin-Banjarmasin pukul 11.55 wita, 
Banjarmasin-Batulicin pukul 13.10 Wita.

"Sedangkan Batulicin-Makasar pukul 14.10 Wita. dan semua rute tersebut dijadwalkan pada Selasa, Rabu, Kamis Sabtu dan Ahad," jelas Surya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023