Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Kewilayahan Yonif 623/Bhakti Wira Utama (BWU) jajaran Kodam VI/Mulawarman bersama tokoh masyarakat Kampung Konja Raya mencanangkan Kampung Pancasila di Kampung Konja, Distrik Aifat Utara, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya.

Komandan Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 623/BWU Letkol Inf Dimas Yamma Putra didampingi Komandan Pos Konja Lettu Inf Kristian Laiskodat meresmikan Gapura Pancasila di Kampung Konja, Kabupaten Maybrat pada Minggu (17/3), sebagai bentuk keberhasilan Satgas Pamtas mewujudkan kondisi aman bagi warga Papua.

Baca juga: Korem 101/Antasari gulirkan pembagian sembako rutin bagi prajurit

“Kampung Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang besar dan beragam suku, agama, budaya, bahasa, dan ras dalam wadah NKRI yang Bhinneka Tunggal Ika,” kata Letkol Dimas dalam keterangan Dinas Penerangan Yonif 623/BWU yang diterima di Banjarmasin, Senin.

Dia menjelaskan pencanangan Kampung Pancasila yang ditandai dengan Gapura Pancasila itu, juga bagian dari upaya menumbuhkan semangat jiwa cinta tanah air bagi masyarakat Papua khususnya di Kampung Konja.

Pembuatan gapura merupakan hasil koordinasi personel Pos Konja dengan masyarakat setempat untuk membangun gapura bertuliskan “Selamat Datang di Distrik Aifat Utara Kampung Konja Pancasila Kabupaten Maybrat”, dengan warna mencolok merah putih sebagai wujud cinta tanah air Indonesia.

Berdirinya Gapura Pancasila itu sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Batalyon Infanteri 623/BWU di bawah komando Korem 101/Antasari jajaran Kodam VI/Mulawarman.

Baca juga: Kajasrem: Tidak ada retribusi di Stadion Lambung Mangkurat
 
Komandan Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 623/BWU Letkol Inf Dimas Yamma Putra didampingi Kepala Kampung Konja Lucas Taa dan anak-anak sekolah dasar (SD) saat menggunting pita peresmian Gapura Kampung Pancasila di Kampung Konja, Distrik Aifat Utara, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya, Minggu (17/3/2024). (ANTARA/HO-Penerangan Yonif 623/BWU)

Sementara itu, Komandan Pos Konja Lettu Inf Kristian Laiskodat mengatakan Gapura Pancasila yang dibangun itu sebagai kenang-kenangan agar masyarakat Papua mengingat personel Satgas Yonif 623/BWU yang sebentar lagi akan mengakhiri masa tugas setelah hampir satu tahun mengabdi di wilayah tersebut.

“Kami berharap karya ini dapat menumbuhkan rasa kebersamaan antara anggota Pos Konja dan warga Papua, sekarang mereka sudah memiliki gerbang kampung (Gapura Pancasila),” ujar Lettu Kristian.

Kepala Kampung Konja Lucas Taa mengucapkan terima kasih kepada Personel Pos Konja yang berkenan membangunkan gapura untuk masyarakat setempat, sehingga di Kampung Konja Raya sekarang sudah memiliki Gerbang Pancasila.

“Saya dan warga mengucap puji syukur berkat anak-anak TNI Pos Konja dari Satgas Yonif 623/BWU di kampung kami telah berdiri Gapura Pancasila, sekarang orang luar sudah tau bahwa disini terdapat kampung yang bernama Konja Raya,” tutur Lucas.

Baca juga: Pemkab Kotabaru Ramah sambut Korem 101/Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024