Pemerintah Kabupaten Kotabaru terima kunjungan kerja DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bertempat di ruang rapat perkantoran Sebelimbingan lantai tiga.

Mewakili Bupati Kotabaru, Asisten satu bidang Pemerintahan dan Kesra H. Minggu Basuki menerima kunjungan kerja yang dipimpin Ketua Pansus DPRD Kutai Kartanegara H. Ahmad Yani  bersama Ketua Komisi tiga DPRD dan Ketua Komisi dua DPRD Kutai Kartanegara.

"Mereka melakukan studi banding tentang peningkatan Pendapatan Asli Daerah," kata Minggu Basuki di Kotabaru, Kamis.

Minggu Basuki menyampaikan, dalam kunjungan tersebut pemerintah Kutai Karta Negara mempelajari sitem berkaitan dengan penyusunan perda kerjasama daerah yang sudah dilakukan oleh Kotabaru.

"Mereka tertarik dengan perda tersebut,dan menurut mereka ada program unggulan yang bisa di tiru berkaitan dengan perda pengelolaan parkir yang di kelola oleh swasta," katanya.

Selain itu, mereka juga mempelajari bentuk kerjasama pemerintah daerah dengan universitas universitas dan kerjasama wajib yang dilakukan dengan kabupaten lain yang berbatasan langsung dengan wilayah Kotabaru.

Asisten satu juga menawarkan bentuk kerjasama kepada Kutai Kartanegara melalui mekanisme kerjasama daerah melalui peningkatan potensi di masing masing daerah untuk dikerjasamakan melalui program unggulan baik di bidang perkebunan dan pertambangan.

"Secara geografis wilayah kita dengan Kutai Kartanegara tidak jauh berbeda,sehingga bentuk kerjasama dapat menguntungkan kedua belah pihak" ujar Minggu Basuki

Ia juga menyebutkan bentuk kerjasama di bidang pemenuhan kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kukar dapat mengisi kekurangan ASN di lingkup Pemerintah Daerah Kotabaru.

"Barangkali di sana ada warga Kotabaru yang ingin pindah menjadi ASN di Kotabaru kita akan akomodir karena di Kotabaru masih kekurangan PNS," tuturnya.

Ketua Pansus DPRD Kutai Kartanegara H Ahmad Yani mengatakan, tujuan kunjungan pihaknya adalah untuk mendapatkan pemahaman dalam penyusunan peraturan daerah tentang kerjasama daerah.

"Kami merasa senang dan bersyukur serta terimakasih atas sambutan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Kotabaru, terutama dalam mendapatkan pemahaman dan pengayaan informasi dalam penyusunan peraturan daerah tentang kerjasama daerah, serta ingin berdiskusi untuk kemajuan-kemajuan perkembangan daerah," kata Ahmad Yani.

Ia berharap, dapat terjadi transfer "knowledge" untuk pengembangan potensi-potensi daerah melalui mekanisme kerjasama daerah yang sama sama menguntungkan serta dapat meningkatkan pembangunan daerah masing masing.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024