Pemerintah Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan berupaya meningkatkan pelayanan terhadap publik melalui edukasi permainan anak.

“Inovasi ini sangat bermanfaat untuk masyarakat yang membawa anak datang ke Kantor Kecamatan Paringin, apabila orang tuanya sedang mengurus sesuatu anak bisa sambil bermain,” kata Kasi Pelayanan dan Kesos Kecamatan Paringin Muhammad Syuhada di Balangan, Sabtu.

Baca juga: Program Dashat untuk tekan angka stunting

Syuhada melanjutkan keberadaan areal bermain dan edukasi anak tersebut, maka anak-anak bisa bermain sambil menunggu orang tua selesai berurusan atau mengantre di Kantor Kecamatan Paringin.

Syuhada menuturkan inovasi tersebut untuk memenuhi standar pelayanan minimal dan merupakan salah satu unsur untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik pada Kecamatan Paringin.

Baca juga: Produk UMKM Kecamatan Paringin makin dikenal masyarakat

Selain itu, sebut Syuhada, pemenuhan salah satu standar pelayanan pada kantor Kecamatan Paringin, dan tercipta pelayanan publik yang nyaman serta ramah anak terutama bagi masyarakat Kabupaten Balangan.

“Hasil nyata dari inovasi yaitu adanya tempat bermain anak bagi masyarakat saat melakukan antre pelayanan, dan dapat mengurangi kejenuhan anak serta mengurangi kerepotan orang tua atau masyarakat selaku pengguna layanan,” ucap Syuhada.

Syuhada menambahkan inovasi tersebut sejalan dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, karena setiap anak berhak untuk beristirahat dan memanfaatkan waktu untuk bergaul serta bermain dengan anak sebaya lainnya.

Baca juga: BPJS Kesehatan Balangan sosialisasikan JKN-KIS bagi kades dan BPD

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024