Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggelar pasar murah yang menyasar 22 kelurahan secara beruntun hingga masuk Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah atau 2024 Masehi.
 
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin Ichrom Muhtezar di Banjarmasin, Jumat menyampaikan pasar murah mulai 8 Maret hingga 1 April 2024.

Baca juga: Polresta Banjarmasin gelar pasar murah bagi warga Pelabuhan Trisakti
 
"Beruntun dari kelurahan ke kelurahan di kota ini, setidaknya ada 22 kelurahan yang dijadwalkan," ucapnya.
 
Dia pun menuturkan pasar murah ini menjual bahan pokok, seperti gula, beras, minyak goreng dan lainnya dengan harga yang dapat subsidi.
 
Karena gelar pasar murah ini bekerja sama dengan Banjarmasin Corporate Social Responsibility (BCSR) yang mengumpulkan dana tanjung jawab sosial lingkungan (TJSL) dari berbagai perusahaan.
 
Menurut Tezar, panggilan akrabnya, pasar murah ini sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa, selain itu dipilih titiknya di wilayah yang cukup tinggi kemiskinan ekstrem.
 
"Juga yang cukup banyak kasus stunting," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin berupaya stabilkan harga bahan pokok penting
 
Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina yang meresmikan secara langsung pasar murah jelang Ramadhan di lapangan RTH Kamboja, Jumat hari ini menyampaikan, kegiatan ini dapat membantu masyarakat untuk menghadapi bulan Ramadhan.
 
"Kami mengapresiasi kerjasama yang baik dari seluruh pihak dalam mendukung kegiatan tahunan seperti pasar murah ini karena sangat membantu menurunkan angka inflasi hingga mencapai 2,31 persen," ucapnya.
 
Ibnu Sina menyatakan stabilitas harga bahan pokok sejauh ini cukup stabil, meskipun ada kenaikan masih diambang wajar.
 
Kemudian, Ibnu Sina menyebutkan tidak ada kekhawatiran akan terjadi kelangkaan bahan pokok, seperti beras, gula maupun minyak pada Ramadhan 2024.
 
"Stok barang distribusi selalu tidak ada masalah. Sehingga kesediaan cadangan pangan Insya Allah misalnya beras bisa untuk dua bulan ke depan aman sampai Lebaran,"  katanya.

Baca juga: Disperdagin Banjarmasin gelar 22 pasar murah selama Ramadhan

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024