Ustadz Haji Ahmad Zaruqi mengingatkan kaum Muslim arti penting Ramadhan yang pada Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi tak lama lagi tiba.

"Pasalnya Ramadhan bulan yang agung dan Allah muliakan bila dibandingkan dengan bulan-bulan lain," ujar Ustadz Zaruqi dalam khutbahnya di Masjid Arafah - Komplek Dhama Praja - Jalan A Yani km5 Banjarmasin, sebelum Shalat Jumat.

Ustadz yang menyandang gelar Sarjana Hukum Islam (SHI) menguraikan arti penting Ramadhan antara lain merupakan ladang bagi kaum Muslim untuk mendapatkan pahala sebanyak mungkin.

Oleh karenanya, selain melaksanakan puasa wajib, juga isi atau semarakkan Ramadhan dengan peribadahan/amal ibadah, ajak khatib Zaruqi seperti memperbanyak membaca Al Qur'an.

"Sebab membaca satu huruf Al Qur'an saja ganjaran sepuluh kali. Karenanya sayang kalau tidak kita lakukan minimal ayat-ayat/surah-sudah pendek," lanjut Ustadz Zaruqi.

Mengenai puasa, dia mengingatkan agar melaksanakan dengan sebaik-baiknya supaya tak hanya merasakan haus dan lapar, tanpa mendapatkan pahala.

Dalam khutbah pertama yang berdorasi lebih kurang tujuh menit itu, khatib mengutip Surah Al Baqarah ayat (183) yang memerintahkan orang-orang beriman melaksanakan puasa sebagaimana orang-orang terdahulu pernah lakukan guna menjadi orang yang bertaqwa.
 

Ustadz Haji Ahmad Zaruqi saat khutbah di Masjid Arafah Komplek Dhama Praja Banjarmasin, sebelum Shalat Jumat (8/3/2024). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)
 

"Sebab taqwa itulah sebaik-baik bekal untuk alam akhirat kelak," demikian Ustadz Ahmad Zaruqi.

Pada kesempatan itu pula, Ustadz Zaruqi mengutip Al Qur'an Surah Al Baqarah ayat (185) yang antara lain menekankan keutamaan Ramadhan.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024