Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah membuka Festival Paman Birin Cup 2024 khusus pelajar se-Banua Enam, di Lapangan Basket Lambung Mangkurat, Kandangan.

Ketua Pelaksana kegiatan Arief Rahman, di Kandangan, Jumat, mengatakan festival dilaksanakan Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel ini rencananya akan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 07 s.d. 09 Maret 2024.

"Festival yang kita gelar ini dilaksanakan di dua kota, yakni tiga cabang olaharaga (cabor) di Kota Kandangan dan dua cabor di Kota Banjarmasin," ujarnya dalam keterangan, mengutip pers release Diskominfo HSS.

Festival untuk ketiga Cabor Paman Birin 2024 ini khusus yang diselenggarakan di Kota Kandangan yakni bola basket, tenis lapangan dan tennis meja diikuti oleh 33 sekolah.

Baca juga: Pj Bupati HSS serahkan ribuan paket bantuan saat "turkam" ke Daha

Peserta dari para atlet pelajar se-Banua 6, berlomba di beberapa venue, seperti di Lapangan Basket Lambung Mangkurat, Lapangan Tenis Tumpang Talu dan Aula Gedung Serbaguna Disporapar HSS di Kompleks Stadion 2 Desember, Kandangan.

Pj Bupati HSS Hermansyah, mengatakan berterimakasih atas kerjasama semua pihak, sehingga bisa dilaksanakannya kegiatan ini.

"Kami sangat berkepentingan menyelenggarakan event olahraga di HSS ini, khususnya untuk pelajar," ungkapnya.

Tujuannnya tak lain agar para pelajar di HSS bisa berprestasi membawa nama harum daerah, dan di Tahun 2024 event-event olahraga akan banyak dilaksanakan di HSS.

Termasuk event besar Mei 2024 mendatang, yakni Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda), menjadi pertama kalinya akan dilaksanakan di HSS.

Baca juga: Pemkab HSS arak penghargaan Adipura 2023

"Bahkan kita di Kabupaten HSS akan segera pula menjadi tuan rumah Turnamen Tarkam, yang diselenggarakan di 24 tempat di Indonesia, salah satunya di HSS," jelasnya.

Pj bupati berharap kegiatan ini akan terus memicu semangat para atlet khususnya pelajar di HSS, lebih meningkatkan prestasi karena ada sparing dalam bertanding, tidak sekedar latihan biasa serta mengutamakan sportifitas.

Secara simbolis pembukaan festival Paman Birin Cup 2024 ini dilakukan pj bupati dengan melakukan tembakan bola basket pertama.

Turut hadir dalam pembukaan, Ketua KONI HSS, perwakilan Kantor Kementerian Agama HSS, perwakilan Dispora Provinsi Kalsel, jajaran Disporapar HSS dan panitia pelaksana.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024