Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) melakukan asesmen kompetensi evaluasi jabatan (job fit) bagi Pimpinan Tinggi Pratama.

"Asesmen ini pada dasarnya dilaksanakan dua tahun sekali selama menjabat pada Jabatan Tinggi Pratama," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten HSS Muhammad Noor melalui keterangan tertulis di Kandangan, Kamis.

Dijelaskan dia, kegiatan ini harus dilakukan untuk memotret yang telah dilaksanakan selama ini, seperti melihat gambaran kinerja yang telah berjalan.

Baca juga: Sekda HSS: Rakerda LPTQ 2024 menjaga tradisi Tilawatil Al Quran

Noor menuturkan asesmen dilaksanakan secara cermat namun bersifat santai dengan melibatkan berbagai tahapan evaluasi, seperti penilaian kinerja, uji kompetensi, serta wawancara mendalam.

Para peserta diuji pada berbagai bidang, seperti kepemimpinan, manajemen, kebijakan publik, dan kemampuan interpersonal.

"Kegiatan ini juga upaya nyata kita meningkatkan profesionalisme dan akuntabilitas dalam menjalankan tugas pemerintahan, menjadi dasar pengembangan karier bagi para pejabat tinggi," terangnya.

Baca juga: Sekda HSS: Partisipasi pemilih pada Pemilu naik jadi 81 persen

Pemkab HSS bekerja sama dengan Pusat Penilaian Kompetensi dan Pelayanan Psikologi (PPKPP), dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lambung Mangkurat) untuk asesmen tersebut.

Adapun secara umum kegiatan bertujuan mengevaluasi kompetensi dan kinerja para pejabat untuk meningkatkan efektivitas dan profesionalisme dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024