Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Noor menyampaikan tingkat partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 meningkat dari 77 persen menjadi 81 persen sesuai informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Masyarakat yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) mencapai 81 persen, menunjukkan peningkatan dari pemilu sebelumnya yang hanya 77 persen," ujar Noor saat menghadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Perolehan Suara Pemilu Tingkat Kabupaten di Kandangan, Selasa.

Noor mengapresiasi antusias masyarakat terlibat langsung menggunakan hak pilih sehingga tingkat partisipasi pemilih melebihi target 77 persen.

Baca juga: Ketua DPRD HSS ajak bijak bermedsos dan tunggu hasil pileg resmi KPU

Ia pun bersyukur pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 berjalan aman dan tanpa kendala hingga saat ini yang menggambarkan masyarakat sudah dewasa menjalankan demokrasi.

“Alhamdulillah, pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 berjalan lancar, aman dan kondusif tanpa ada kendala yang berarti,” ucapnya.

Noor menyebutkan peningkatan partisipasi pemilih tidak terlepas dari peran jajaran Polri, TNI, organisasi perangkat daerah dan penyelenggara pemilu yang telah bekerja keras mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan.

Noor mengharapkan pencapaian penyelenggaraan Pemilu 2024 menjadi modal ke depan untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten HSS pada November 2024.

“Semoga agenda Pilkada di Kabupaten HSS pada November mendatang bisa berjalan dengan lancar, aman dan kondusif seperti Pemilu 2024, serta partisipasi masyarakat semakin meningkat lagi,” harap Noor.

Noor juga mengimbau hasil rekapitulasi suara agar tidak menjadi sarana perpecahan, namun untuk menjaga kebersamaan dan kekompakan.

Baca juga: DPRD HSS harapkan rapat pleno rekapitulasi pemilu bersih dan berjalan lancar

Sebelumnya, Ketua KPU HSS Gusriadi mengungkapkan pihaknya menyusun dan mengumumkan secara transparan mengenai persentase partisipasi masyarakat yang tinggi hasil pada Pemilu 2024 di Kabupaten HSS.

"Kita juga melaksanakannya melalui proses tahapan pemilihan, berjalan sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku," terangnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024