Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusip) Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan gencar melanjutkan program "Gemar Membaca" pada 2024.

"Kita menekankan Gemar Membaca tidak hanya kepada masyarakat, namun Dispusip Tanah Laut juga bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK," ujar Pelaksana Tugas Kepala Dispusip Kabupaten Tanah Laut Suharyo di Pelaihari, Selasa.

Baca juga: Dispusip Tanah Laut perkenalkan buku Balaki Muntung dan Tionghoa Banjar

Suharyo menyebutkan Pemkab Tanah Laut bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK setempat saat turun ke desa atau "Turdes Insting".

"Artinya stan kita pada kegiatan PKK ada juga kegiatan Gemar Membaca bagi masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, terangnya, petugas turun ke lapangan untuk mendatangi lokasi yang terdapat anak sekolah secara rutin setiap pekan sebanyak dua-empat kali.

"Seperti tadi pagi mereka sudah ke Desa Tambak Sarinah," ucapnya.

Lebih lanjut, dia mengemukakan, untuk kearsipan selalu mengikuti peningkatan-peningkatan wawasan untuk modernisasi kegiatan kearsipan.

Baca juga: 824 peserta ikuti layanan kelas belajar RBM Dispusip Tanah Laut

"Jadi yang selama ini hanya sebatas kantor kita, tapi sekarang sudah invasi ke dinas-dinas lain di Pemkab Tanah Laut untuk membantu penataan kearsipan," tandas Suharyo.

Kemudian, sambung dia, pihaknya memperbaiki kearsipan dan modernisasi menyusun sistem kearsipan bagi dinas, desa, kecamatan.

"Pentingnya arsip ini dari 10 tahun, 15 tahun lewat, kadang-kadang saat terjadi konflik perizinan kita harus membongkar lagi," 

Suharyo mengungkapkan memperbaiki penataan sistem kearsipan mempermudah saat terjadi kasus hukum dan sengketa tanah terkait perizinan.

"Di bidang perpustakaan kita tidak hanya membaca saja, tetapi sudah ada inklusi sosial bekerjasama dengan Dinas Pendidikan berupa kursus musik, kursus Bahasa Inggris, baca Al-Quran dan pelatihan Barista," ucap Suharyo. 

Baca juga: Rumah Belajar Modern tingkatkan literasi masyarakat Tanah Laut

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024