Anggota DPRD Balangan Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Rusdin Barhiwan menyebutkan partisipasi masyarakat pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mencapai 95 persen.

“Alhamdulillah Pemilu 2024 telah berlalu, masyarakat hanya tinggal menunggu hasil akhir dari pesta demokrasi terbesar di Indonesia bahkan dunia tersebut,” kata Rusdin Barhiwan kepada ANTARA di Paringin, Kabupaten Balangan, Rabu.

Baca juga: Polres Balangan bagikan paket sembako bagi petugas Pemilu tertua dan termuda

Rusdin mengungkapkan hal tersebut menandakan masyarakat Balangan memiliki tingkat kesadaran yang tinggi terhadap politik dan demokrasi.

Rusdin mengaku bangga terhadap tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi terhadap pelaksanaan Pemilu 2024.

Rusdin menambahkan kesadaran masyarakat memberikan hak suara kepada orang yang memiliki kualitas dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat maupun menjadi pemimpin.

Rusdin berharap masyarakat Balangan tetap antusias tinggi saat pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) mendatang.

Baca juga: Pelaku penggelapan honor KPPS Batu Piring berpotensi dijerat pasal berlapis

”Mudah-mudahan masyarakat bisa memberikan hak suaranya kepada sosok yang memiliki kemampuan dalam memberikan pembangunan yang semakin bagus untuk Balangan ke depannya,” harap Rusdin.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 96.016 pemilih yang didominasi kaum milenial mencapai 35.346 orang.

Adapun jumlah DPT per kecamatan, yaitu Kecamatan Halong sebanyak 14.840 pemilih, Batumandi (14.147 pemilih), Paringin (13.975 pemilih), Lampihong (13.869 pemilih), Juai (12.376 pemilih), Paringin Selatan (11.218 pemilih), Awayan (10.371 pemilih), dan Tebing Tinggi (5.220 pemilih).

Baca juga: Ratusan anggota KPPS di Balangan panik honor belum dibayar

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024