Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Hasil Perolehan Suara Pemilu 2024.

Staf Ahli Sekretaris Daerah Kotabaru Bidang Pemerintahan Zainal Arifin, membacakan sambutan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh penyelenggara Pemilu 2024.

"Kami mengapresiasi seluruh penyelenggara Pemilu yaitu KPU, Bawaslu, PPK, PPS dan KPPS serta Aparat Keamanan TNI dan Polri yang telah menjalankan tugasnya secara terintegritas dan berdedikasi tinggi sehingga Pemilu serentak 2024 di Kotabaru berjalan aman dan tertib," kata Zainal, di Kotabaru,  dilaporkan Selasa.

Dikatakan, tahapan demi tahapan Pemilu di Kotabaru telah dilalui bersama dengan aman, damai, sejuk dan lancar. 

"Tahapan rapat pleno penghitungan hasil suara hari ini tentunya jadi moment yang ditunggu. Maka dari itu kami berharap rapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar pula," harapnya. 

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rony Safriansyah juga mengapresiasi KPU Kotabaru yang menjadi pelaksana pertama sekaligus tercepat dalam penghitungan suara Pemilu 2024 se Kalimantan Selatan.

"KPU Kabupaten Kotabaru adalah Komisi Pemilihan Umum yang tercepat di Kalimantan Selatan yang melakukan tahapan rekapitulasi perhitungan di kecamatan dengan hasil yang terbaik, hingga terlaksananya tahapan puncak atau rapat pleno dari pemilu di kabupaten Kotabaru," ujarnya 

Dia menjelaskan, pelaksanaan rapat pleno tingkat kabupaten sendiri belum berakhir karena masih ada tahapan selanjutnya di tingkat Provinsi dan Nasional. Dan pasti tahapan Pemilu adalah tahapan yang melalui perjuangan panjang.
  
Rony juga mengapresiasi pimpinan partai politik yang tertib dalam melaksanakan ketentuan dalam kampanye terutama dalam menggunakan Alat Peraga Kampanye (APK)

"Satu lagi tahapan yang dilakukan oleh pimpinan partai politik agar segera dan wajib melaporkan dana kampanye dari masing-masing partai politik, karna kalo tidak dilaporkan maka akan ada sanksi yang diterima olah para caleg dan partai politik tersebut," ujarnya

"Bawaslu bersama  saksi-saksi akan terus mengawal proses rekapitulasi yang akan berlangsung selama 5 hari di Gedung Paris Barantai ini dan apapun hasil akhirnya kepada para caleg baik DPRD Kabupaten, DPR Provinsi dan DPR RI serta Presiden dan Wakil Presiden, mudah-mudahan hasil ini menjadikan Kotabaru lebih maju lagi," tambahnya.

Sedangkan Andi Muhammad Saidi, Ketua KPU Kotabaru membuka acara rapat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara  di tingkat Kabupaten Kotabaru menuturkan bahwa KPU sudah melaksanakan tahapan demi tahapan dari proses pelaksanaan pemilu.

"Alhamdulillah KPU Kotabaru sudah melaksanakan semua tahapan Pemilu berdasarkan peraturan perundangan-undangan yang berlaku semenjak tahapan Pemilu ditetapkan pada tanggal 14 Juni 2022. Mulai dari pemuktahiran data pemilu,  melakukan verifikasi partai politik, melakukan verifikasi faktual kesehatan partai politik, melaksanakan pemungutan dan rekapitulasi tingkat kecamatan" tuturnya 

Dan semuanya terlaksana berkat adanya dukungan dari pemerintah daerah serta pengamanan dari TNI dan Polri terutama pada hari pemungutan suara pada 14 Februari," tambahnya lagi

Saidi mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang sudah menjalankan tugas dalam pesta demokrasi tahun 2024

“Kami mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada KPPS, PPS, PPK yang sudah menjalankan tugas dalam pesta demokrasi tahun 2024. Dan rapat rekapitulasi pada hari ini terlaksana berkat adanya dukungan dari semua elemen baik pemerintah daerah, tokoh masyarakat, unsur masyarakat, pemuda maupun media yang sangat mendukung kinerja KPU Kabupaten Kotabaru," demikian Andi Muhammad Saidi.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024