Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan,  menerima Tim Nusantara Sehat dari Kementerian Kesehatan RI,  di lantai III Kantor Bupati setempat, Selasa (18/10).


Rombongan Tim Sehat Nusantara berjumlah  lima orang tersebut  terdiri dokter gigi, kesehatan masyarakat, gizi, perawat dan bidan diterima langsung oleh Wakil Bupati H Sukamta.

Kabid Manajemen Kesehatan dari Kementerian Kesehatan RI selaku Ketua Tim Sehat Nusantara Tri Juni Angkasawati mengatakan, Tim Nusantara Sehat akan melaksanakan tugas selama dua tahun di Puskesmas Batakan.

Tim Nusanatara Sehat  merupakan hasil rekrutmen tenaga kesehatan secara online  oleh Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Dijelaskannya,  tahap seleksi terdiri dari administrasi, seleksi psikologi, Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara yang dilakukan oleh psikolog, Kementerian Kesehatan serta organisasi profesi/pemerhati kesehatan.

“Untuk meningkatkan kualitas mereka diberikan pembekalan selama 40 hari dengan materi bela Negara, pelatihan teknis medis dan non medis serta program-program kementerian kesehatan,” terangnya.

Tri  menambahkan, pembekalan tersebut diberikan  Kementerian Kesehatan, TNI Angkatan Darat, Fakultas Kedokteran UI, RSCM, Puskesmas dan lembaga pemerhati kesehatan.

Terpisah, Wakil Bupati Tanh Laut H Sukamta mengucapkan selamat datang kepada Tim Nusantara Sehat di Tanah Laut.

Selain itu, H Sukamta  mengucapkan,  terimakasih kepada Kementerian Kesehatan karena sudah menempatkan Tim Nusantara Sehat di Tanah Laut.

“Kesehatan itu sesuatu yang penting, karena garansi untuk masa depan. Insya Allah kami tunggu lagi dokter-dokter lain untuk bisa berkarya di Tanah Laut, karena kami akan membangun rumah sakit baru,” terangnya.

Dia berpesan,  agar tim yang nanti berkarya di Puskesmas Batakan tidak  hanya sekedar memberikan pelayanan,  tapi  membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan.

“Membangun kesehatan itu penting karena harus didesain sejak kecil lebih sulit dibanding dengan membangun jalan atau gedung,” demikian tegasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016