Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Barito Kuala (Dispersip Batola) Provinsi Kalimantan Selatan mengarahkan armada "Mobil Pintar" menjangkau pedesaan untuk menambah pengetahuan, wawasan, serta tingkat literasi masyarakat.

"Upaya ini  untuk mencapai sasaran program Tingkat Kegemaran Membaca (TGM)," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Barito Kuala (Dispersip Batola), Kalimantan Selatan  Siti Aminah saat dikonfirmasi di Marahaban, Kabupaten Batola, Sabtu.

Baca juga: BI Kalsel perhatikan SDM Banua di bidang literasi

Aminah menuturkan Mobil Pintar juga mengunjungi sekolah menjaring para pelajar untuk meningkatkan daya minat membaca.

Bahkan, Dispersip Kabupaten Batola menggulirkan program Mobil Pintar dipadukan kegiatan senam pagi rutin setiap Jumat sebanyak dua pekan sekali di Halaman Kantor Bupati Batola mulai pukul 07.00-10.00 Wita.

Aminah menyatakan tingkat wawasan masyarakat akan bertambah ketika gemar membaca karena menemukan hal baru.

"Jadi banyak sekali manfaat dari kita sering membaca," katanya.

Salah satu manfaat membaca, papar Aminah, masyarakat akan memiliki jiwa wirausaha sehingga meningkatkan ekonomi dan mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Batola.

Baca juga: Batola segera miliki gedung layanan perpustakaan baru

Diungkapkan Aminah, keberadaan Mobil Pintar tersebut mendukung program pemerintah pusat untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

"Kami berupaya adanya Mobil Pintar dan Perpustakaan Keliling ini bisa mengedukasi dan memberikan kegiatan positif bagi masyarakat," ucap Aminah.

Lebih lanjut, Aminah menyebutkan Mobil Pintar menyediakan sekitar 600 buku bacaan dan 300 eksemplar yang bisa dibaca masyarakat untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan. 

Tidak hanya itu, sambung dia, masyarakat juga bisa membaca dalam suasana menyenangkan karena telah disediakan kursi dan meja serta tempat lesehan.

Aminah menambahkan Pemkab Batola memiliki dua unit Mobil Pintar untuk menyediakan buku bacaan.

Baca juga: Wabup harapkan Perpusnas realisasikan pembangunan perpustakaan di Batola
 
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Batola menggelar "Mobil Pintar" dipadukan senam pagi bagi masyarakat di Halaman Kantor Bupati Batola, Jumat (23/2/2024).(ANTARA/HO-Diskominfo Batola)

Pewarta: Arianto

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024