Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan (DLH Kalsel) melombakan bersih-bersih Sungai Martapura guna memeriahkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 yang diperingati setiap 21 Februari.

"Ada 20 titik desa atau kelurahan yang tersebar di Kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin  menjadi lokasi lomba untuk pembersihan Sungai Martapura," kata Kepala DLH Kalsel Hanifah Dwi Nirwana di Banjarbaru, Jumat.

Baca juga: "Aksi Merdeka Sampah" kumpulkan 4,39 ton di jalan protokol Kalsel

Adapun kriteria penilaian di antaranya jumlah partisipan, jumlah entitas terlibat, berat sampah dan kondisi sampah terpilah.

Bagi pemenang lomba "Babarasih Sungai" itu bakal mendapatkan hadiah gerobak sampah atau paket kebersihan hingga kendaraan roda tiga dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.
 
Kepala DLH Kalsel Hanifah Dwi Nirwana. (ANTARA/Firman)

Hanifah berharap masyarakat dapat terus mencintai sungai yang menjadi urat nadi kehidupan warga di Kalimantan Selatan.

Maka dari itu, aksi bersih-bersih sungai rutin dilakukan pihaknya dengan menggandeng berbagai komunitas dan pegiat lingkungan serta unsur masyarakat.

Baca juga: Ribuan relawan kebersihan siap bertugas saat Haul Guru Sekumpul

Sampah yang terkumpul kemudian dipilah dan dicacah antara organik dan anorganik untuk dikelola lebih lanjut oleh Bank Sampah.

"Kami punya program Sungai Martapura Asri yang bertujuan menjadikan sungai Martapura  tetap Aman, bersih, ramah dan indah (Asri) melalui konsep kolaborasi dan sinergitas lintas sektoral, lintas wilayah dan lintas entitas," ucap Hanifah.

Video:
   

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024