Aksi "Merdeka Sampah" yang diikuti ratusan orang mampu mengumpulkan 4,39 ton di Jalan Protokol A Yani, Provinsi Kalimantan Selatan.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana di Banjarbaru, Jumat, mengatakan Aksi Merdeka Sampah ini dilaksanakan mulai Jalan A Yani KM 4 di Banjarmasin hingga KM 17 di Kabupaten Banjar.

Baca juga: Ketua Komisi I DPRD Kalsel soroti rendahnya kesadaran memilah sampah
 
Diungkapkan Hanifah, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Kalsel, TNI AD dari Korem 101/Antasari, Kodim 1006/Banjar, Kodim 1007/Banjarmasin, Koramil setempat, dari ASN Pemkot Banjarmasin dan ASN Pemda Kabupaten Banjar turut terlibat pada aksi membersihkan sampah tersebut.
 
"Total semuanya lebih 700 orang," ucapnya.
 
Menurut Hanifah, kebanyakan sampah yang dikumpulkan berupa plastik tersebut dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Banjarbakula, Kota Banjarbaru.
 
"Sebagian lagi dikirim ke TPA Basirih Kota Banjarmasin dan TPA Cahaya Kencana Kabupaten Banjar," tuturnya.

Baca juga: Bank Kalsel bantu pembanguan Bank Sampah di Masjid Al-Jihad Banjarmasin
 
Menurut dia, kegiatan ini sebagai bentuk kampanye yang dilaksanakan Pemprov Kalsel untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar peduli lingkungan dan bertanggung jawab terhadap sampah.
 
"Diketahui sepanjang jalan protokol ke Banjarbaru khususnya A Yani masih banyak didapati sampah berceceran di sungai serta adanya TPS liar juga, di mana masyarakat  menitipkan sampah domestik sepanjang jalan," katanya.
 
Hanifah pun berharap aksi bersih itu sepanjang jalan A Yani yang merupakan jalan protokol utama di provinsi ini atau jalan utama antar daerah menjadi bersih dan masyarakat juga menjadi segan untuk membuang sampah di sepanjang jalan itu.
 
"Semoga aksi ini bisa diteruskan kabupaten/kota bahkan di lingkungan masing-masing," ungkap Hanifah

Baca juga: BPBD Tapin bersihkan sampah di sungai upaya mitigasi banjir.

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024