Kandangan, (Antaranews Kalsel) -  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), kembali melanjutkan pencetakan KTP-elektronik  setelah kiriman ribbon atau gulungan untuk KTP-elektronik datang.

Kabid Kependudukan Disdukcapil HSS Rachmat menjelaskan setelah datangnya  lima unit gulungan bahab baku pembutan E-KTP, yang pengadaan menggunakan APBD datang, kini pembuatan KTP elektronik kembali bisa dilaksanakan seperti biasa.

"Kemarin (Selasa 11/10) datang lima unit ribbon. Dan  (Rabu 12/10) sudah mulai dapat digunakan untuk mencetak KTP-el lagi," ujarnya.

 Diungkapkan dia, dalam sehari Disducapil HSS dapat mencetak KTP-el puluhan lembar fisik KTP yang datanya sudah dilakukan perekaman yaitu paling maksimal bisa 100 keping fisik KTP saja dicetak.Satu unit ribbon sendiri dapat membuat fisik KTP-el sekitar 500 keping.

 Saat ini di Kabupaten HSS dari wajib KTP sebanyak 191.821 jiwa yang sudah melakukan perekaman baru sebanyak 174.225 jiwa dan masih tersisa 17.596 jiwa yang belum.

 "Dari yang sudah melakukan perekaman, sebanyak 164.472 jiwa sudah menerima fisik KTP-nya. Sisa 18.235 saja yang belum menerima fisiknya," imbuhnya.

 Ditambahkannya, untuk persedian blangko KTP-el sendiri di Disdukcapil HSS masih kekurangan. Sebab saat ini ketersedian blangko hanya ada sekitar 1.500 keping saja.

 "Jadi masih perlu ribuan blangko lagi kalau melihat data yang ada," ujarnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016