Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (Diskumdagri) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan berupaya mencegah inflasi pangan menjelang Bulan Suci Ramadhan 2024.

"Salah satu upaya yang kami lakukan yakni menggelar pasar murah hari besar keagamaan nasional (HBKN) pada beberapa kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu," kata Kepala Kepala Diskumdagri Tanah Bumbu Hamaluddin Tahir di Batulicin Kamis.

Baca juga: Tanah Bumbu cegah inflasi melalui pasar murah

Hamaludin Tahir  mengatakan pelaksanaan pasar murah di Desa Rejosari Kecamatan Mentewe pada Kamis dan sebelumnya di kecamatan lain sejak 19 Februari hingga 7 Maret 2024.

Kabid Perdagangan dan Kemetrologian Diskumdagri Tanah Bumbu Hariansyah menyebutkan petugas pasar murah telah menyediakan kebutuhan bahan pokok seperti gula dengan harga Rp17.000 per kilogram, minyak goreng (Rp16.000 per liter), mentega (Rp5.000 per bungkus), kue kaleng (Rp25.000 per kotak), dan kopi (Rp23.000 per bungkus).

Tepung terigu (Rp12.000 per kg), telur ayam ras (Rp 55.000 per rak), serta beras (Rp 57.000 per karung ukuran lima kg).

"Harga tersebut lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada di pasar, rata-rata harganya selisi lebih murah antara Rp1000 hingga Rp2.500 setiap jenisnya," tegas Harianyah.

Baca juga: Pascalebaran ketersediaan Sembako di Tanah Bumbu relatif aman

Disebutkan Harianyah, pasar murah tersebut akan dilaksanakan pada 12 kecamatan di Tanah Bumbu secara bergilir sekitar Maret 2024.

Hariansyah menyebutkan pasar murah tersebut sebagai wujud nyata peran pemerintah untuk membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau dan mencegah inflasi pangan di kabupaten berjuluk "Bumi Bersujud" itu.

Diskumdagri Tanah Bumbu melibatkan anggota TP PKK Tanah Bumbu Dinas Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, DWP, PT Wing Food, serta PT Indofood untuk mensukseskan pasar murah secara berkelanjutan.

"Alhamdulillah masyarakat sangat antusias untuk datang ke pasar murah yang kami gelar, ini merupakan salah satu kegiatan andalan Diskumdagri Tanah Bumbu yang dilaksanakan setiap tahun secara berkelanjutan, karena kegiatan seperti ini selalu ditunggu oleh masyarakat," ungkap Hariansyah.

Baca juga: Tanah Bumbu cegah inflasi melalui pasar murah

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024