Barabai, (Antaranews Kalsel) - Sedikitnya 70 kelompok tani (poktan) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terima bantuan dari Pemerintah Daerah HST berupa benih padi, bibit tanaman dan alat mesin pertanian (alsintan) yang bertempat di Dinas Dinas Pertanian Tanamana Pangan dan Holtikultura.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati HST H Abdul Latif didampingi Plt Sekda HST Abu Yazid Bustami, para Staf Ahli, plt Kepala Dinas Pertanian Tanamana Pangan dan Holtikultura, Uehsoma, dan undangan lainnya.

 Plt Kepala Dinas Pertanian Tanamana Pangan dan Holtikultura, Uehsoma menyampaikan, bantuan tersebut terdiri dari power theresher, combine harventer, cultivator, traktor rotary, dan handsprayer.

"Sedangkan benih padi seperti benih sebar dan benih untuk penangkar, serta bibit mantuala, bibit jeruk nipis dan pisang," katanya.

Bupati HST H Abdul Latif dalam sambutannya juga mengungkapkan, setiap tahun pemda terus melakukan pengadaan bibit untuk pertanian maupun perkebunan dan peternakan. Jika bibit tersebut memang dirawat dengan baik pasti akan tumbuh dan berproduksi.

Sehingga, dengan adanya bantuan ini, saya sangat berharap agar kelompok tani benar-benar menggunakannya sebagaimana mestinya, sehingga hasilnya benar-benar untuk kesejahteraan masyarakat sendiri.

 Lebih lanjut, Latif menginginkan, agar program ini tidak sia-sia. Ia juga berpesan kepada Dinas terkait agar setelah penyerahan bantuan ini, juga melakukan pemantauan.

"Kedepan semua yang terkait pada program ini harus benar-benar terarah dan berkelanjutan, jangan hanya stop sampai penyerahan ini," pinta Latif.

Selain itu, ia juga berharap, yang terkait dibidang pertanian, perkebunan dan peternakan bisa duduk bersama dan saling berdiskusi.

"Ini semua bertujuan agar tahu keinginan masyarakat seperti apa dan keadaan lingkungan masing-masing," jelasnya.

Pewarta: M Taufik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016