Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, menggandeng Jhonlin Rescue untuk meningkatkan keterampilan anggota pemadam kebakaran (Damkar) dalam menangani kasus kebakaran di kota setempat.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tanah Bumbu Syaikul Ansyari, di Batulicin Selasa mengatakan, dalam kerjasama itu anggota Damkar Tanah Bumbu menerima pelatihan dan penyelamatan korban kebakaran dari gedung bertingkat.

"Pelatihan ini penting dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota Damkar mengingat di Kabupaten Tanah Bumbu banyak bangunan bertingkat," kata Syaikul.

Dia menjelaskan, Damkar Tanah Bumbu perlu memiliki ketrampilan yang memadai untuk mengantisipasi terjadi bencana kebakaran di medan yang paling sulit.

Penyelamatan dari Ketinggian upaya penyelamatan orang dari ketinggian ini, maka juga harus di imbangi dengan kemampuan petugas Damkar. Seperti tata cara menyelamatkan warga, bahkan alat yang di butuhkan.

"Terkait peralatan Damkar. Saya sudah sampaikan ke Bupati Tanah Bumbu H. Zairullah Azhar. Beliau menyambut baik usulan tersebut. Karena ini berkaitan dengan keselamatan masyarakat," terangnya.

Syaikul menambahkan, dirinya akan terus melaksanakan berbagai pelatihan bagi anggota Damkar. Karena Petugas Damkar tidak hanya berkaitan dengan kebakaran saja, tetapi juga kegiatan sosial lainnya.

"Petugas Damkar bahkan membantu menangkap ular dan evakuasi sarang tawon dari rumah tangga,"  ungkapnya.

Syaikul juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT Jhonlin Grup melalui Jhonline Rescue yang menjadi narasumber pada kegiatan kali ini.

Sementara itu, Narasumber dari Jhonlin Resscue Rahmatullah menambahkan, kegiatan kali ini berbagi ilmu terkait penyelamatan dari ketinggian.

"Semakin banyak yang tahu, maka semakin banyak pula yang bisa terselamatkan jika terjadi bencana atau musibah," kata Rahmatullah.
(ANTARA/HO-Diskominfo Tanah Bumbu)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024