Ustadz Haji Saiful Anshari dalam tausiah di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin mengajak kaum Muslim jangan melewatkan peribadatan malam nisfu Sya'ban.

 

"Pasalnya pada malam nisfu Sya'ban Allah membuka pintu rahmat dan sayang kalau tidak kita manfaatkan, minimal antara waktu shalat Maghrib dan isya secara berjamaah," ujar ustadz Saiful dalam tausiah, sesudah Shalat Subuh Selasa.

 

Sebagai contoh pada malam nisfu Sya'ban meminta panjangkan umur dan murahkan rezki yang kesemua itu tujuannya untuk berbakti kepada Allah SWT.

 

Ia mengatakan, bahwa yang namanya rahmat tidak mesti berwujud seperti material, tetapi bisa juga dalam bentuk spritual atau rohaniah.

 

Sebagai contoh suatu kebahagiaan atau ketenangan secara rohani atau batin, kendati tidak kaya dengan harta dan duit, ujar Ustadz Saiful.

 

Oleh karenanya, dia menganjurkan, pada malam nisfu Sya'ban tersebut kepada kaum Muslim, terutama jamaah Masjid Assa'adah untuk melakukan shalat hadiah buat kedua orang tua atau keluarga yang sudah mendahului (meninggal dunia).

 

"Dengan shalat hadiah tersebut tentu kita harapkan kedua orang tua dan keluarga yang sudah tiada mendapatkan rahmat Allah di alam kubur sehingga mendapat kelapangan. Betapa bahagianya kalau mendapat kelapangan di alam kubur," lanjutnya.

 

Ia menambahkan, memang nasib seseorang sudah Allah tentukan. Tapi tidak salahnya berusaha dan berikhtiar kalau-kalau ada bonus sehingga bisa mengubah nasib menjadi lebih baik.

 

"Sebagai seorang ahlu sunnah wal jamaah tentu tak akan meninggalkan usaha dan ikhtiar. Namun tidak selalu mengandalkan usaha dan ikhtiar," demikian ustadz Saiful Anshari.

 

Semestinya pengajian rutin tiap Subuh Selasa khusus pelajaran"Sifat 20 " atau "Tarekat Asy'ariyah " tapi mengingat mendekati nisfu Sya'ban sehingga pada kesempatan itu pula mengurai hikmah malam nisfu Sya'ban tersebut.

Ustadz Haji Saiful Anshari saat tausiyah di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, sesudah Shalat Subuh Selasa (20/2/24). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024