Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (Disnaker KUKMP) Hulu Sungai Selatan (HSS) bermitra dengan Alfamart menggelar pelatihan manajemen ritel bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Pelatihan dibuka langsung Pelaksana harian (Plh) Bupati HSS H. Muhammad Noor bertempat di Gedung Pramuka Kandangan diikuti 100 peserta dari para pelaku UMKM.

"Kami berharap dengan pelatihan ini dapat menjadi wujud nyata, dalam meningkatkan daya saing UMKM di pasar lokal maupun nasional," kata M Noor, di Kandangan, Kamis.

Baca juga: Plh Bupati HSS berharap musda LPTQ hasilkan yang terbaik bagi kepengurusan LPTQ

M Noor juga ingin agar pelatihan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, aktif bertukar pengalaman dan menjalin kerja sama agar dapat meningkatkan pemahaman bersama.

Pelatihan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru dalam mengembangkan usaha pelaku UMKM, dan meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM di daerah.

"Sejalan dengan program pemerintah daerah, tentunya dengan menumbuhkan peran UMKM dapat menjadikan HSS sebagai pusat ekonomi yang berkelanjutan," ucapnya.

Baca juga: Hasil produksi ikan tangkap dan budidaya HSS capai 21.340 ton

Kepala Disnaker KUKMP HSS Siti Erma mengatakan ingin merangkul para pelaku usaha yang ikut dalam pelatihan ini, agar dapat mengembangkan wawasan pengelolaan bisnis manajemen dengan pendekatan ritel modern.

"Nantinya akan kita rangkul para pelaku usaha yang ikut dalam pelatihan ini," ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan Cabang PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Banjarmasin Ardea Frandiko mengatakan kegiatan manajemen ritel adalah salah satu program yang diterapkan di beberapa kabupaten dan kota di Indonesia.

"Hal ini kita lakukan dalam memberikan materi dan pemahaman, untuk bagaimana memahami bisnis ritel modern," terangnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024