Ketua Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Selatan (KPU Kalsel) Andi Tenri Sompa menyebut antusias masyarakat yang tinggi untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) memberikan hak suara memicu kesuksesan Pemilu 2024 yang ditandai kelancaran selama pelaksanaan.

"Alhamdulillah, kita lihat hari ini banyak toko dan rumah makan tutup, warga berbondong-bondong datang ke TPS sejak pagi," kata dia di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: 2.563 disabilitas di Banjarmasin gunakan hak pilih pada Pemilu 2024

Tenri meninjau ke sejumlah TPS di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar yang memperlihatkan warga memadati TPS hingga harus antre menunggu giliran mencoblos.

Dia berharap sampel di tiga wilayah tersebut menggambarkan kondisi pada seluruh daerah kabupaten lainnya di Kalsel terkait tingginya tingkat partisipasi masyarakat di pemilu kali ini.
 
Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa bersama Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan forkopimda yang tiba di kantor KPU Kalsel di Banjarmasin usai meninjau TPS di Banjarmasin, Rabu (14/2/2024). (ANTARA/Firman)

Di sisi lain, sinergi yang luar biasa dengan jajaran Bawaslu serta dukungan aparat keamanan dari TNI-Polri juga telah mewujudkan pelaksanaan pemilu yang tertib dan lancar.

Tenri mengakui kerja bersama dan saling menguatkan menjadi kunci keberhasilan pesta demokrasi lima tahunan yang tahun ini Kalsel memiliki 3.025.220 orang pemilih.

Setelah tahapan di TPS usai, kini KPU disibukkan dengan proses rekapitulasi suara.

Baca juga: KPU Kalsel gelar Shalat Hajat untuk kelancaran Pemilu

Masyarakat juga bisa mengecek secara "realtime" di laman ini.

Tenri menyebut kanal info pemilu tersebut sebagai upaya KPU mengabarkan ke masyarakat terkait perolehan suara sementara hasil pemilu.

"Namun untuk perolehan suara sesungguhnya tetap hasil rekapitulasi secara berjenjang dari TPS ke kecamatan hingga kabupaten ke provinsi dan akhirnya secara nasional ke KPU pusat," jelasnya.

Baca juga: KPU Kalsel ingatkan masyarakat bawa undangan mencoblos


Video:  

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024