Komisi I Bidang Pemerintahan, Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mengharapkan, partisipasi pemilih di provinsi ini pada Pemilihan Umum atau Pemilu Tahun 2024 agar melebihi 80 persen.

Ketua Komisi I Rachmah Norlias mengemukakan harapan itu di Banjarmasin, Selasa sesudah Komisinya melakukan monitoring persiapan Pemilu 2024 di Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Baca juga: DPRD Kalsel diharapkan tak ada lagi rumah tidak layak huni

"Kita berharap partisipasi masyarakat Kalsel pada Pemilu 2024 melebihi atau di atas 80 persen,  karena berkaca Pemilu 2019 sudah hampir mancapai 81 persen," ujar Rachmah Norlias atau yang akrab dengan sapaan Ibu Amah tersebut.

"Srikandi" Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengapresiasi pelayanan dan persiapan Pemilu 2024 pada dua kecamatan di Batola yaitu Kecamatan Mandastana da Kecamatan Alalak.

Ibu Amah yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin itu mengambil contoh pada hari libur di empat tanggal merah beberapa hari lalu dua kecamatan tersebut masih melayani pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) baru, rusak dan hilang.

"Hasil pantauan di lapangan pada dua titik tersebut persiapan Pemilu 2024 sudah cukup bagus. Tinggal tahap pendistribusian surat suara dan alat peraga ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS), semoga lancar atau tidak ada masalah," kata Ibu Amah.

Baca juga: Hasil Pemilu 2024 diharapkan hasilkan orang-orang miliki sifat Rasulullah Saw

Ia mengarahkan pula atau mengingatkan agar penempatan TPS pada tempat strategis supaya mudah terjangkau masyarakat di wilayah tersebut.

Begitu pula agar pihak TPS mampu mengantisipasi terhadap kemungkinan turun hujan , karena sekarang masih musim penghujan, demikian Ibu Amah.

Rombongan Komisi I Bidang Pemerintahan, Hukum dan Hak Asasi Manusia DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) saat monitoring Persiapan Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Barito Kuala, Senin !12/2/24). (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)
 

Sementara Camat Alalak Muhammad Sya’rawi yang juga Plt Camat Mandastana mengucapkan terima kasih karena Komisi I DPRD Kalsel bisa langsung datang melihat pelayanan dan logistik-logistik keperluan dari Pemilu 2024.

"Kunjungan Komisi I DPRD Kalsel pada 12 Februari 2924 diharapkan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan yang ada," kata M Sya'rawi.

Baca juga: Bawaslu terus sisir APK hingga bersih

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024