Pemerintah Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan mengucurkan anggaran sebesar Rp1,3 miliar untuk pembangunan Kantor Kecamatan Muara Uya yang direlokasi ke Jalan Trans Kalsel-Kaltim untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat.

"Secara bertahap kantor pemerintahan di Kecamatan Muara Uya, kita relokasi ke jalan besar untuk mendukung pengembangan kota Muara Uya," kata Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani di Tabalong, Senin.

Baca juga: Bupati Tabalong: Desa Catur Karya berpotensi kembangkan hortikultura

Sebelumnya, Kantor Kecamatan Muara Uya menyatu dengan kawasan bisnis mulai dari pasar dan pertokoan sehingga perlu direlokasi ke wilayah yang cukup strategis.

Saat meninjau Kantor Kecamatan Muara Uya yang baru, Anang mengusulkan perlu dibangun ruang pertemuan terbuka untuk kegiatan skala besar sehingga bisa menampung lebih banyak orang.

Selanjutnya, Pemkab Tabalong akan membuat siring atau penataan halaman agar memudahkan akses pengendara motor dan pejalan kaki ke Kantor Kecamatan Muara Uya mengingat bangunan baru tersebut berada di dataran tinggi.

Baca juga: Apotek di Kecamatan Muara Uya Tabalong terbakar

Pemkab Tabalong berencana membangun empat kantor kecamatan baru pada Tahun Anggaran 2024 dan Kantor Kecamatan Muara Uya sebagai percontohan yang cukup representatif dengan alokasi dana tidak terlalu besar.


Anang pun optimis Kecamatan Muara Uya bisa berkembang karena berdekatan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) Provinsi Kalimantan Timur.

Saat berkunjung ke Kecamatan Muara Uya, Anang tak hanya meresmikan kantor kecamatan baru namun meninjau sejumlah proyek infrastruktur pedesaan mulai dari Kantor Desa Lok Batu, Posyandu Desa Uwie, jalan rabat beton di Desa Kampung Baru dan TPA Raudhatul Ulum Dusun Tohe.

Selama kunjungan kerja, Anang didampingi Camat Muara Uya Sunardi, Kades Uwie Mulyadi Trisno, Kades Muara Uya Achmad Syafi'i dan pihak terkait lainnya.

Baca juga: Dua titik api ditemukan Kecamatan Muara Uya Tabalong

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024