Kepolisian Resor Tabalong, Kalimantan Selatan menurunkan 273 personil dalam pengamanan tahap pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pemilu 2024 yang tersebar di 12 kecamatan.

Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian mengingatkan para pasukan pengamanan TPS bisa memahami tugas masing-masing dan bisa menyesuaikan diri di lokasi pengamanan.

Baca juga: Hasil Pemilu 2024 diharapkan hasilkan orang-orang miliki sifat Rasulullah Saw

"Ada 906 TPS yang menjadi sasaran pengamanan dengan  melibatkan 273 personel kepolisian,  135 anggota TNI dan 3.242 Linmas," jelas Anib saat memimpin apel pergeseran pasukan pengamanan TPS di halaman Pendopo Bersinar Pembataan, Kabupaten Tabalong, Senin.

Dalam arahannya Kapolres meminta pasukan pengamanan segera menyesuaikan dengan lingkungan tempat pengamanan dan dapat bersinergi dengan instansi terkait serta mengenali TPS yang menjadi objek pengamanan dengan tetap memperhatikan kearifan lokal.

Pelaksanaan apel ini  untuk melihat kesiapan personel, perlengkapan dan menyamakan persepsi serta pola tindak anggota yang terlibat dalam pengamanan.

Dari total 906 TPS di 131 desa/kelurahan ungkap Anib 16 TPS berada di wilayah terpencil yang  menjadi perhatian khusus mengingat tingginya curah hujan saat ini.

Baca juga: Pj Bupati Tapin ajak masyarakat kawal dan ciptakan kedamaian Pemilu
Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian bersama Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani serta forum komunikasi pimpinan daerah melakukan pemeriksaan pasukan pada apel pergeseran pasukan pengamanan TPS pada Pemilu 2024 di halaman Pendopo Bersinar Pembataan, Senin (12/2). (ANTARA/Herlina Lasmianti)

Karena itu, seluruh stakeholder dan personil yang terlibat dalam pengamanan TPS pada Pemilu 2024 harus benar-benar menyiapkan sarana dan prasarana serta strategi yang tepat untuk memastikan seluruh rangkaian pelaksanaan pencoblosan hingga perhitungan suara berjalan aman dan sesuai jadwal.

Apel pergeseran pasukan pengamanan TPS dalam rangka Operasi Mantap Brata Intan 2024 ini dihadiri Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Forum komunikasi pimpinan daerah, perwakilan Bawaslu, KPU dan para pihak lainnya.

 Peserta apel terdiri dari Denpom Tabalong, Kodim 1008 /Tabalong, Satbrimob Polda Kalsel Yon B Pelopor Kompi 2, Polres Tabalong, Satpol PP kabupaten Tabalong, Dishub kabupaten Tabalong, BPBD Kabupaten Tabalong, Basarnas Tabalong dan Linmas.

Baca juga: Polresta Banjarmasin cek gudang logistik KPU jelang pencoblosan

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024