Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Tepat pukul 08:45 Wita, sirine panjang dibunyikan Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, dari komplek terminal Induk Mabuun, menandai dimulainya pencanangan Gerakan Tabalong Bersih dan Hijau (Genta si Hijau). Kegiatan serentak yang berlangsung di 12 kecamatan, Komplek Terminan Mabuun, Taman Kota Tanjung, dan Pendopo di komplek perumahan dinas Bupati Tabalong, pada Senin (10/10), terpusat di Mabuun.

Menurut Anang, Genta si Hijau, sudah dimulai dari Clean Up Tabalong Day 2015 lalu, bersama Adaro dan mitra kerja sebagai inisiator. 

"Ke depannya, semoga bisa dilaksanakan di seluruh kecamatan," ujarnya.

Pada Clean Up Tabalong Day 2015, Adaro bersama mitra kerja, serta jajaran pemerintah Tabalong, berhasil mempelopori aksi bersih massal yang melibatkan tak kurang dari 20,000 partisipan.

Kegiatan yang bertujuan mencapai predikat Tabalong Bebas Sampah pada 2020 itu, menjadi langkah sinergis seluruh elemen masyarakat Tabalong, guna mendorong kesadaran bersama menjaga lingkungan bebas sampah.

Seperti diutarakan Rahmita, pelajar kelas IV, SDN 2 Tanjung, yang turut menyemarakkan pencanangan Genta si Hijau, di area Taman Kota Tanjung. Menurut Rahmita, ia sudah terbiasa dengan aktifitas bersih lingkungan di rumah. “Capek, tapi ramai. Jadi nggak terlalu berasa. Menyapu dan bebersih halaman, sudah biasa di rumah,” ujarnya.

Rahmita lantas mengaku senang, jika kedepannya, Tabalong bisa benar-benar terbebas dari sampah, sehingga tidak ada lagi pemandangan tak sedap di pinggir jalan, pasar, maupun halaman rumah.

Bagi Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya Beracun, Kementrian LHK, Tuti Hendrawati Mintarsih, apresiasi sebesar-besarnya, patut disematkan pada pemerintah masyarakat, dan perusahaan di Tabalong yang telah bahu-membahu membersihkan daerahnya. 

"Ini gerakan yang luar biasa. Semoga bisa dicontoh oleh kabupaten lain di Indonesia,".

Menurut General Manager External Relations Head PT Adaro Indonesia, Rizki Dartaman, Adaro berkomitmen penuh untuk menjaga Tabalong tetap bersih dan hijau. Hal tersebut merupakan bagian dalam salah satu kebijakan Lingkungan Hidup Adaro.

Usai melakukan aksi bersih bersama, Anang bersama rombongan menuju area kegiatan yang berada di sekitar Taman Kota dan Pasar Tanjung. Tercatat, dalam kegiatan ini, tak kurang 1500 orang, dari semua unsur, baik pemerintah, pelajar sekolah, dan karyawan perusahaan, turut terlibat./f

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016