Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan rapat koordinasi dengan mitra guna membahas tentang persiapan distribusi logistik Pemilu 2024.

Ketua KPU HSS Gusriadi, di Kandangan, Selasa, mengatakan kondisi persiapan stok logistik di gudang KPU saat ini sudah hampir rampung100 persen.

"Tinggal ada sedikit, termasuk beberapa perbaikan kelengkapan untuk segera kita distribusikan," ujarnya, dalam rakor yang digelar di aula pendopo wakil bupati setempat.

Pihaknya berharap rakor hari ini bisa membicarakan dan memutuskan tentang teknis distribusi logistik, dan meminta tanggapan ataupun usulan dari semua stake holder yang hadir.

Tanggap tersebut terutama Pemkab HSS untuk bantuan penyediaan tempat logistik yang aman, untuk tempat penyimpanan di lapangan.

Baca juga: KPU HSS gelar sosialisasi dan simulasi pemilu serentak 2024

"Yang pasti, sesuai ketentuan dan peraturan hendaknya pada saat H-1, tanggal 13 Pebruari nanti, logistik sudah harus berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS)," ungkapnya.

Dicontohkan untuk distribusi logistik ke Kecamatan Daha Barat, yang salah satu kecamatan yang jaraknya cukup jauh dari ibu kota Kabupaten, dengan jumlah 29 TPS.

Distribusi logistik ke Daha Barat nantinya akan dijadwalkan pada tanggal 10 Februari 2024 dan direncanakan didistribusi ke PPS tanggal 11 Februari 2024.

Kemudian, Logistik akan diterima lengkap di TPS sekitar tanggal 13 Februari 2024, termasuk persiapan distribusi jumlah kotak 145 buah, jumlah bilik suara 116 buah.

Dari gudang logistik di Kabupaten, logistik akan diangkut ke Dermaga atau pelabuhan Daha, dan menuju Kecamatan Daha Barat dengan menggunakan transfortasi kapal.

Setelah logistik sampai di kecamatan akan disalurkan ke desa-desa menggunakan transfortasi kendaraan darat, semisal menggunakan roda dua.

"Kecuali ke desa dan TPS di Tanjung Selor Bajayau, logistik yang bisa sampai ke TPS sana akan diangkut menggunakan kelotok kecil," paparnya.

Sekretaris KPU HSS Suwanto, mengatakan untuk Pemilu 2024 ini anggaran yang digelontorkan untuk pelaksanaan tahapan pemilu meningkat cukup signifikan.

Baca juga: Bawaslu Kalsel temukan ribuan surat suara rusak di HSS

"Jika dibanding pemilu sebelumnya, sehingga kita harapkan semua pihak yang terlibat penyelenggaraan bisa bekerja dengan maksimal," terangnya.

Kepala Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) HSS Eko Hardjidi Putra,  mengatakan rakor kali ini merupakan bentuk sinergisitas yang baik, bersama-sama menjaga agar Pemilu bisa berlangsung kondusif.

Menurut dia, kalau seandainya ada permasalahan atau kendala di lapangan agar bisa diinformasikan dan dikoordinasikan segera supaya bisa cepat juga ditindaklanjuti.

"Kita dari Pemkab HSS sendiri akan terus memback up semua kegiatan tahapan pemilu," ujarnya.

Adapun para peserta yang hadir dalam rakor selain Jajaran KPU HSS, juga dari Bawaslu HSS, unsur forkopimda, kepala OPD terkait, PPK kecamatan, para camat, perwakilan Kapolsek dan Danramil se-HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024